Pembentukan Kader Jumantik/Jumanah Sebagai Upaya Pencegahan Penyakit DBD Di MTSN 2 Kota Jambi

Authors

  • Ummi Kalsum Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Jambi, Indonesia
  • Evy Wisudariani Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Jambi, Indonesia
  • Helmi Suryani Nasution Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Jambi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.22437/jkam.v4i1.10304

Abstract

Pendahuluan: Kota Jambi merupakan daerah endemis DBD. Hasil penelitian di Kota Jambi menemukan bahwa Angka Bebas Jentik 71% (standar harus >= 95%), tingkat pengetahuan rendah relatif rendah demikian pula perilaku Pemberantasan Sarang naymuk dan pelaksanaan 3M Plus. Daerah risiko tinggi DBD ada di tiga kecamatan yaitu Jambi Selatan, Kota Baru dan Telanaipura. Penderita DBD kebanyakan pada kelompok umur 6-14 tahun. Berbagai upaya telah dilakukan, namun belum dapat mengatasi menurunnya incidence DBD. Sekolah merupakan salah satu tempat yang berpotensi menularkan penyakit DBD di samping lingkungan perumahan. Murid sekolah saat ini diminta untuk melakukan gerakan pramuka secara aktif.

Tujuan: Pemberdayaan gerakan pramuka sebagai kader Juru Pemantau Jentik (Jumantik) dan Juru Pemusnah (Jumanah), baik di lingkungan sekolah maupun lingkungan tempat tinggalnya untuk pencegahan penyakit DBD.

Metode: Kegiatan bermitra dengan MTSN 2 Kota Jambi dan Kelurahan Thehok sebagai penggerakan pemberdayaan dalam memberantas dan mengurangi penyakit DBD secara kontinyu dan berkesinambungan. Kegiatan ini melibatkan murid-murid anggota Pramuka dan PMR, UKS serta Paskibra melalui partisipasi siswa sebagai kader Jumantik dan Jumanah. Kegiatan dilaksanakan dari menyusun rencana kegiatan hingga monitoring dan evaluasi kegiatan sesuai target dan luaran yang ditetapkan.

Hasil: Telah terbentuk kader Jumantik/Jumanah sebanyak 46 orang, terbagi dalam 10 kelompok yang akan bertugas memantau jentik secara berkala di lingkungan perumahan dan juga tempat-tempat umum di wilayah Kelurahan Thehok Kota Jambi. Telah terjadi peningkatan pengetahuan tentang perilaku PSN dan 3M serta komitmen untuk memantau jentik secara berkala. Leaflet dan buku saku serta publikasi di media massa adalah sebagian luaran yang sudah dihasilkan. Luaran lainnya adalah artikel jurnal untuk publikasi kegiatan pengabdian masyarakat.

Kesimpulan: Pembentukan kader jumantik/jumanah telah terlaksana dan mampu menyatukan persepsi, berkomitmen menjadi pemantau jentik di wilayah Kel. Thehok Kota Jambi serta akan melaksanakan secara berkala dan berkesinambungan. Diharapkan pendampingan dan pengawasan Pembina dan Guru serta pihak Puskesmas demi kesinambungan kegiatan ini.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-06-30

How to Cite

Kalsum, U., Wisudariani , E. ., & Nasution, H. S. (2020). Pembentukan Kader Jumantik/Jumanah Sebagai Upaya Pencegahan Penyakit DBD Di MTSN 2 Kota Jambi . Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 4(1), 183-194. https://doi.org/10.22437/jkam.v4i1.10304