PENGARUH AKUNTABILITAS DAN TRANSPARANSI TERHADAP KINERJA PENGELOLAAN ANGGARAN (STUDI PADA BADAN PUSAT STATISTIK KOTA JAMBI DAN PROVINSI JAMBI)

Authors

  • Rifky Rifky :)
  • Sri Rahayu Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Jambi, Jambi-Indonesia
  • Misni Erwati Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Jambi, Jambi-Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.22437/jar.v3i2.13662

Keywords:

Akuntabilitas, Transparansi, Kinerja Pengelolaan Anggaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan bukti empiris pengaruh akuntabilitas dan transparansi terhadap kinerja pengelolaan anggaran pada Badan Pusat Statistik Jambi. Populasi dalam penelitian ini adalah pegawai pada Badan Pusat Statistik Jambi. Teknik sampling dalam penelitian ini adalah sampel jenuh dengan jumlah sampel sebanyak 52 responden. Pengumpulan data penelitian dengan menyebarkan kuesioner kepada responden penelitian. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menemukan bahwa baik secara simultan dan parsial akuntabilitas dan transparansi berpengaruh terhadap kinerja pengelolaan anggaran pada Badan Pusat Statistik Jambi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul Hafiz Tanjung. 2011. Akuntansi, Transparansi, dan Akuntabilitas Keuangan Publik (Sebuah Tantangan).

Adiwirya, M. Firdiansyah, et al. 2015. Akuntabilitas, Transparansi, dan anggaran berbasis kinerja pada SKPD kota Denpasar. Jurnal Akuntansi Universitas Udayana.

Anugriani, Rezky Mulia. 2014. Pengaruh Akuntabilitas, Transparansi, dan Pengawasan terhadap kinerja anggaran dengan konsep value for money. Skripsi Akuntansi Universitas Hasanuddin.

Andrianto, Nico.2007. Transparansi dan Akuntabilitas Publik melalui eGoverment Bayu Media. Malang

Auditya, Lucy. 2013. Analisis Pengaruh Akuntabilitas dan Transparansi Pengelolaan Keuangan Daerah terhadap Kinerja Pemerintah Daerah. Jurnal Fairness Universitas Bengkulu

Bastian, Indra. 2006. Sistem Akuntansi Sektor Publik, Edisi 2. Jakarta: Salemba Empat. 2010.Akuntansi Sektor Publik: SuatuPengantar, EdisiKetiga. Jakarta: Erlangga.

Dessler, Gary. 2013. Human Resource Management, 13th Edition. London: Pearson Prentice Hall Inc.

Hadyrianto, Pahala. 2016. Pengaruh Akuntabilitas dan Transparansi terhadap Pengelolaan Anggaran. Jurnal Akuntansi Universitas Bina Nusantara.

Hajar, NuzulIbnu. 2017. Pengaruh Transparansi dan Akuntabilitas terhadap Kinerja Pengelolaan Anggaran. Skripsi Akuntansi Universitas Halu Oleo.

Halim, Abdul. 2007. Akuntansi Sektor Publik, Akuntansi Keuangan Daerah. Jakarta: Salemba Empat.

Hapwood dan Tomkins juga Elwood (2005:10) yang diterjemahkan oleh Mahmudi, bahwa â€Dimensi akuntabilitas yang harus dipenuhi oleh lembaga-lembaga publik. Jurnal Akunansi

Lalolo Krina P, “indicator dan alat ukur akuntabilitas, transparasi dan partisipasi†Http//good governance: Bappenas.go.id./informasi.Htm, Sekretaris Good Public Governance. Badan Perencanaan Pembangunan Nasional

Laoli, Victorinus. 2019. Pengaruh Akuntabilitas dan Transparansi Terhadap Kinerja Anggaran Berkonsep Value for Money pada Pemerintah Kabupaten Nias. Riset & Jurnal Akuntansi Volume 3 Nomor 1 Februari 2019. e –ISSN: 2548-9224.

Laporan Kinerja BPS Kota Jambi 2016. Diakses dari :www.bps.go.id

Loi, Suryaningsih. 2015. Pengaruh Akuntabilitas, dan Transparansi terhadap kinerja anggaran dengan konsep value for money. Skripsi Akuntansi Universitas HKBP Nommensen.

Mahmudi (2010), Manajemen Kinerja Sektor Pu blik, Edisi Kedua, UPP STIM YKPN, Yogyakarta.

Mardiasmo. 2002. Akuntansi Sektor Publik. Yogyakarta: Penerbit ANDI.

-------------- 2009. Akuntansi Sektor Publik. Yogyakarta: ANDI.

Oktasari, Rosy. 2016. Pengaruh Akuntabilitas Publik, Partisipasi Pengawasan Masyarakat, Transparansi Kebijakan Publik, dan Pengetahuan Dewan terhadap Pengawasan Keuangan Daerah. Naskah Publikasi Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Ramandei, P. 2009. “Pengaruh Karakteristik Sasaran Anggaran Dan Sistem Pengendalian Intern Terhadap Kinerja Manajerial Aparat Pemerintah Daerah (Studi Empiris pada Satuan Kerja Perangkat Daerah Kota Jayapura).â€Tesis Tidak Dipublikasikan, Program Pasca Sarjana Magister Akuntansi, Universitas Diponegoro Semarang.

Setiyannigrun, Irma. 2017. Pengaruh Akuntabilitas, Transparansi, dan Pengawasan terhadap kinerja anggaran dengan konsep value for money pada BUMD di Yogyakarta. Skripsi Universitas Negri Yogyakarta.

Triwandari, DesakNyoman, et al. 2015. Pengaruh Akuntabilitas, Transparansi, dan Pengawasan Internal terhadap kinerja anggaran dengan konsep value for money. Jurnal Akuntansi Universitas Pendidikan Ganesha.

Werimon, Simson, dkk. 2007. “Pengaruh Partisipasi Dan Transparansi Kebijakan Publik Terhadap Hubungan Antara Pengetahuan Dewan Tentang Anggaran Dengan Pengawasan Keuangan Daerahâ€. Jurnal SNA X. Hlm. 1-22.

www.jambikota.bps.go.id

Downloads

Published

2023-06-19

How to Cite

Rifky, R., Rahayu, S., & Erwati, M. (2023). PENGARUH AKUNTABILITAS DAN TRANSPARANSI TERHADAP KINERJA PENGELOLAAN ANGGARAN (STUDI PADA BADAN PUSAT STATISTIK KOTA JAMBI DAN PROVINSI JAMBI). Jambi Accounting Review (JAR), 3(2), 121-133. https://doi.org/10.22437/jar.v3i2.13662

Most read articles by the same author(s)