This is an outdated version published on 2020-03-25. Read the most recent version.

UPAYA MENINGKATKAN HASIL PEMBELAJARAN GERAK DASAR LOMPAT MELALUI PENDEKATAN BERMAIN LOMPAT LINGKAR BERWARNA

DOI:

https://doi.org/10.22437/ijssc.v2i1.7712

Keywords:

Gerak Dasar, Lompat Lingkar Berwarna

Abstract

Pelaksanaan pembelajaran lompat jauh pada siswa kelas II SD Negeri 76/IX Muaro Jambi kurang memuaskan bagi guru Penjas, hasil yang didapatkan siswa berdasarkan observasi pada pembelajaran gerak dasar Lompat masih banyak siswa yang nilainya belum memenuhi standar Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan. Keadaan ini yang memicu penulis dalam melakukan penelitian lebih lanjut. Jenis Penelitian yang akan dilaksanakan adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research).Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Kemmis dan Mc Taggart. Model ini dipilih karena hasil penelitian dengan menggunakan model ini dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan untuk memperbaiki dan menyempurnakan gerak dasar lompat di SD Negeri 76/IX Muaro Jambi. Hasil penelitian tindakan kelas pada siklus pertama dan dilakukan analisis dapat disimpulkan bahwa peningkatan hasil lompat jauh melalui bermain lompat lingkar berwarna pada siswa kelas II SD Negeri 76/IX Muaro Jambi ditandai dengan peningkatan nilai rata-rata siswa. Nilai rata-rata siswa pada kegiatan pratindakan sebesar 60% dengan persentase ketuntasan sebesar 40%. Kondisi tersebut mengalami peningkatan nilai rata-rata siswa pada siklus I dengan persentase ketuntasan sebesar 93%. Hal tersebut menunjukkan bahwa target yang telah ditetapkan sebelumnya sudah tercapai sehingga penelitian dilakukan hanya satu siklus saja. Proses pembelajaran gerak dasar lompat menggunakan pendekatan bermain berlangsung dinamis dan menyenangkan. Peserta didik aktif melaksanakan tugas dan mengamati gerakan teknik gerak dasar lompat dan saling diskusi dengan teman. Seluruh aspek penilaian dikuasai peserta didik. Kemampuan gerak dasar lompat peserta didik meningkat dengan ditandai hampir seluruh peserta didik tuntas KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) yaitu 75.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-03-25

Versions

How to Cite

UPAYA MENINGKATKAN HASIL PEMBELAJARAN GERAK DASAR LOMPAT MELALUI PENDEKATAN BERMAIN LOMPAT LINGKAR BERWARNA. (2020). Indonesian Journal of Sport Science and Coaching, 2(1), 95-104. https://doi.org/10.22437/ijssc.v2i1.7712