Pengembangan Video Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan pada materi Pencak Silat
DOI:
https://doi.org/10.22437/ijssc.v5i2.25502Keywords:
Pengembangan, video pembelajaran, pencak silatAbstract
Penelitian pengembangan yang dilaksanakan bertujuan untuk menghasilkan dan melihat kelayakan produk berupa video pembelajaran berbasis Audio visual pada materi pencak silat pada pembelajaran pendidikan jasmani dan olahraga disekolah dasar negeri 160 simpang tuan. Jenis penelitian yang dilaksanakan adalah penelitian pengembangan (research and development) dengan model pengembangan 4D. Prosedur yang dilakukan dalam penelitian meliputi tahap define (pendefenisian), design (perencanaan) dan develop (pengembangan). Hasil dari penelitian dan pengembangan produk berupa video pembelajaran berbasis Audio Visual pada pembelajaran PJOK Tingkat Sekolah Dasar. Adalah layak digunakan hal ini dapat dilihat dari hasil penelitian dari ahli materi tahab I 92% dan ahli materi tahap II 100% ahli media tahap I 91% serta uji coba kelompok kecil siswa siswi kelas VI (enam) 93% dengan keterangan setuju. Dapat disimpulkan bahwa produk pengembangan media pembelajaran berbasis audio visual pada pembelajaran PJOK materi pencak silat tingkat sekolah dasar dinyatakan baik dan dapat digunakan untuk media pembelajaran
Downloads
References
Ainina, I. A. (2014). Pemanfaatan Media Audio Visual Sebagai Sumber Pembelajaran Sejarah. Indonesian Journal Of History Education, 3(1).
Aktiv Berolahraga Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Kelas V SD/MI/ Berton Supriadi Simamora – Jakarta : Pusat Kurikulum dan Pembukuan Balitbang Kemendikbud, 2019
Al-Tabani, B.I.T. (2014). Mendesain Model pembelajaran Inovatif, Progresif dan Kontekstual. Jakarta: Kencana.
Angkowo, R., & Kosasih, A. (2007). Optimalisasi Media Pembelajaran. Jakarta: PT Grasindo.
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Asyhar, R. (2010). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada.
Gulo, A. R. (2019). Pengembangan Dan Penggunaan Video Pembelajaran Untuk Mengurangi Miskonsepsi Dan Meningkatkan Pemahaman Siswa Kelas XI IPA SMA Bp Yogyakarta. Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.
Hasibun R.F (2018).Penerapan Media Audio Visual Dalam Pebelajaran Tendangan Busur Pencak Silat Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Xi. Seminar Nasional Pendidikan Olaraga,568-575.
Irianti, Erika. 2021. Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Contextualteaching And Learning (CTL) Untuk Remediasi Miskonsepsi Pada Materi Cahaya: Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi,
Kartadi, C & Darmawan D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Konsep dan Aplikasi Pengembangan Pembelajaran Bagi Pendidik di Sekolah dan Mayarakat Edisi pertama. Jakarta: Kencana
Kasumaningtyas Bayu Kalahir 2014.Pengembangan Media Pembelajaran Audio Visual Pada Materi Berbicara Mata Pembelajaran Bahas Indonesia Kelas II Sekolah Dasar Islam Lukman Hakim Pakisaji Malang, Skrispsi Jurusan Pendidikan Guru Madrasahibtidiyah Fakultas Ilmu Tarbiah Dan Keguruan Universutas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibraim Malang.
Kustandi, C. & Darmawan, D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran: Konsep & Aplikasi Pengembangan Media Pembelajaran bagi Pendidik di Sekolah dan Masyrakat. Jakarta: Prenada Media.
Pendidikan Jasmani Olaraga Dan Kesehatan Nugroho Agung Styo Siduarjo Masmedia Buana Pustaka 2017.
Pengembangan Media Video Pembelajaran Dengan Model Addie Ipsipada Materi Teknik Dasar Tendangan Pencak Silat Kelas Vii Smp Negeri 4 Suka Sada Tahun Pelajaran 2019-2020. Jurnal Kejaura (Kesehatan Jasmani Dam Olaraga),5 (2), 12-18 Https://Doi. Org/10.36526/ Kejaora.V5i2.934
Satrianawati. (2018). Media dan Sumber Belajar. Yogyakarta: Deepublish.
Sugiyono (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuabtitatif, Kualitatif Dan R&D.Bandung Alfabeta Tuniredja T., Faridli M.E. Harmianto S (2015).
Sukardi. (2013). Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi Dan Praktiknya.
Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113
Wulandari, D. A. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Sparkol Videoscribe Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa Materi Cahaya Kelas Viii Di Smp Negeri 01 Kerjo Tahun Ajaran 2015 2016. In Unnes.
Yaumi M.(2017). Ragam Media Pembelajaran Dari Pemamfaatan Media Sederhana Ke Pengunaan Muti Media Journal Of Chemical Information And Modeling, 53(9) 1689-1699.