Tingkat Motivasi Berprestasi Atlet Karate Kota Jambi dalam Menghadapi Porprov XXIII 2023

Authors

  • Sugih Suhartini Universitas Jambi
  • Excel Lee Rivaldo

DOI:

https://doi.org/10.22437/ijssc.v4i2.21384

Keywords:

Motivasi, Atlet Karate, Porprov XXIII 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besarkah Tingkat Motivasi Berprestasi Atlet Karate FORKI Kota Jambi Dalam Menghadapi PORPROV XXIII 2023. Penelitian ini menggunakan penelitian metode deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif  yakni mendiskripsikan mengenai Tingkat Motivasi Berprestasi Atlet Karate FORKI Kota Jambi Dalam Menghadapi PORPROV XXIII 2023. Populasi dalam penelitian ini adalah Atlet Karate FORKI Kota Jambi yang terpilih untuk bertanding di PORPROV XXIII 2023 yang berjumlah 17 orang. Berdasarkan hasil yang di peroleh, hasil indikator intrinsik berada pada kategori sangat baik yaitu sebanyak 4 orang (24%). pada kategori baik sebanyak 1 orang (6%), pada kategori sedang sebanyak 3 orang (18%), pada kategori rendah sebanyak 4 orang (24%) dan terakhir pada kategori sangat rendah sebanyak 5 orang (29%). indikator ekstrinsik berada pada kategori sangat baik yaitu sebanyak 4 siswa (23%). pada kategori baik sebanyak 3 orang (18%), pada kategori sedang sebanyak 4 orang (24%), pada kategori rendah sebanyak 3 orang (18%) dan terakhir pada kategori sangat rendah sebanyak 3 orang (18%). Kesimpulan dalam penelitian ini adalah tingkat motivasi berprestasi atlet karate Forki Kota Jambi dalam menghadapi Porprov XXIII 2023 termasuk dalam kategori sangat tinggi, dengan besaran porsentase sebesar 85%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktek. Jakarta: PT. Bina Askara

Apriyanto, Tirto dkk. (2017). Psikologi Olahraga. Sulawesi Selatan: PT. Edukasi Pratama Madani.

Azwar, S. (2009). Validitas dan Reliabilitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Chaplin, J.P. (2005). Kamus lengkap psikologi. (Terjemahan Kartini Kartono). Jakarta: Raja Grafindo

Dimyati & Mudjiono. (2002). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Gunarsa, S.D. (2008). Psikologi olahraga. Jakarta: PT. BPK Gunung Mulia.

Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hadi, R.A. (1991). Psikologi perkembangan anak mengenal sifat, bakat, dan kemampuan anak. Jakarta: Grasindo.

Haryani, R & Tairas, M.M.W. (2004). Motivasi berprestasi pada mahasiswa berprestasi dari keluarga tidak mampu secara ekonomi. Jurnal psikologi pendidikan dan perkembangan, Vol 3 , No. 01.

Indrayana, Boy dkk. (2017). Panduan Penulisan Skripsi. Universitas Jambi. Jambi.

Mangkunegara, A,P. (2011). Manajemen sumber daya manusia perusahaan. Bandung: Rosda.

Mulyasa, E. (2002). Kurikulum berbasis kompetensi. Bandung: Rosda karya.

Munandar, U. (2014). Pengembangan kreativitas anak berbakat Jakarta: Rineka Cipta.

Mulyasa, E. (2002). Kurikulum berbasis kompetensi. Bandung: Rosda karya.

Muskanan, K. (2015). Analisis motivasi berprestasi atlet pusat pendidikan dan latihan olahraga pelajar (PPLP) Provinsi Nusa Tenggara Timur. Jurnal Kebijakan & Administrasi Publik (JKAP), Vol 19, No 2.

Nurdidaya & Selviana. (2012). Prestasi olahraga paralimpian indonesia: kajian perspektif psikologis. Jurnal Iptek Olahraga, Vol. 14(3): pp.288-308.

Nurhasan. 2001. Tes dan Pengukuran Dalam Pendidikan Jasmani Prinsip-Prinsip Dan Penerapannya. DirektoratJendralOlahraga: Jakarta Pusat.

Purwanto, N. (2014). Psikologi pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Robbins, SP, & Judge. (2007). Perilaku organisasi. Jakarta: Salemba empat.

Sardiman, A.M. (2006). Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Slameto. (2010). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugihartono. (2007). Psikologi pendidikan. Yogyakarta. UNY Press.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabet.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Winarno, (2011). Pengembangan Sikap Enteurprenership & Intrapreunership.

Jakarta: PT. Indeks.

Downloads

Published

2022-09-08

How to Cite

Suhartini, S., & Rivaldo, E. L. (2022). Tingkat Motivasi Berprestasi Atlet Karate Kota Jambi dalam Menghadapi Porprov XXIII 2023. Indonesian Journal of Sport Science and Coaching, 4(2), 185-197. https://doi.org/10.22437/ijssc.v4i2.21384