Minat Siswa Kelas IX SMP Islam Al Falah Jambi Dalam Mengikuti Pembelajaran PJOK
DOI:
https://doi.org/10.22437/ijssc.v4i1.18586Keywords:
Minat, Pembelajaran PJOKAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana minat siswa kelas IX SMP Islam Al Falah Jambi dalam mengikuti pembelajaran PJOK. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP Islam Al Falah Jambi yang berjumlah 133 siswa. Instrumen yang digunakan adalah angket dengan rincian validitas dari 45 butir pertanyaan dihasilkan 40 butir pertanyaan yang valid dan hasil reliabilitasnya sebesar 0,900. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa minat siswa dalam mengikuti pembelajaran PJOK dari faktor intern berada pada kategori tinggi dengan jumlah 79 siswa atau 59,4%, Sedangkan dalam faktor ekstern minat siswa dalam mengikuti pembelajaran PJOK berada pada kategori tinggi dengan jumlah 85 siswa atau 63,9% , sehingga nilai keseluruhan minat siswa dalam mengikuti pembelajaran PJOK berada pada kategori tinggi dengan jumlah 93 atau 69,9%. Berdasarkan jenis kelamin terdapat 75 responden pria dan perempuan sebanyak 58 responden dengan total 133 responden. Dari hasil penelitian ini disarankan kepada pihak sekolah agar memperhatikan minat siswa khususnya minat siswa dalam pembelajaran PJOK dengan meningkatkan fasilitas yang ada agar guru penjas lebih leluasa menyampaikan materi dengan fasilitas yang baik. Sehingga minat siswa tetap terjaga dan bahkan menjadi lebih baik.
Downloads
References
Ade, Wulandari. 2014. Karakteristik Pertumbuhan Perkembangan Remaja Dan Implikasinya Terhadap Masalah Kesehatan Dan Keperawatannya. Jurnal Keperawatan Anak 2(1): 39–43. http://103.97.100.145/index.php/JKA/article/view/3954.
Andriyanto, Tedy. 2016. Minat Siswa Kelas IV Dan V Dalam Mengikuti Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Sd N Sendangharjo Sleman Yogyakarta. Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta.
Astuti, Wastuti. 2017. Hakikat Pendidikan. Over The Rim: 191–99.
Bandi, A M. 2011. Abdullah: Dasar-Dasar Pendidikan Jasmani - Google Scholar. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia 8(April): 1–9.
Budiono, Arif. 2012. Minat Siswa Terhadap Pembelajaran Pendidikan Jasmani Di Mts Negeri 1 Kaleng Puring Kebumen Tahun Pelajaran 2011/2012. Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta
Eveline, S, & Hartini. (2010). Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia
Gunawan. 2019. Survei Minat Siswa Mengikuti Pembelajaran Penjas Pada Sma Negeri 22 Gowa. Doctoral Dissertation, Universitas Negeri Makassar.
Haderani. 2018. Tinjauan Filosofis Tentang Fungsi Pendidikan Dalam Hidup Manusia. Jurnal Tarbiyah : Jurnal Ilmiah Kependidikan 7(1): 41–49.
Hanafy, Muh. Sain. 2014. Konsep Belajar Dan Pembelajaran. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan 17(1): 66–79.
Hilaliyah, Hilda. 2015. Pengaruh Persepsi Mahasiswa Atas Bahasa Indonesia Dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia. Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan 2(2): 116.
Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang
Junaedi, Anas. 2009. Survei Tingkat Kemajuan Pendidikan Jasmani, Olahraga, Dan Kesehatan di Sma, Smk, Dan Ma Negeri Se-Kabupaten Gresik. 2(1): 1–118.
Munar, H., & Yuliawan, E. (2020). Upaya Meningkatkan Hasil Pembelajaran Gerak Dasar Lompat Melalui Pendekatan Bermain Lompat Lingkar Berwarna:(Efforts to Improve Learning Basic Learning Outcomes Through Approach to Playing Colored Levels). Indonesian Journal of Sport Science and Coaching, 2(1), 1-12.
Nandika. I.R. 2020. Minat Dan Motivasi Pengunjung Dalam Berolahraga Di Gor Tri Lomba Juang. Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Semarang.
Oemar Hamalik. 2019. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT.Bumi Aksara.
Pratiwi, Ayu Gandhi. 2015. Model Pengembangan Permainan Kasti Melalui Permainan Kasti Halrint Dalam Penjasorkes Bagi Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar Negeri 1 Wirasaba Kecamatan Bukateja Kabupaten Purbalingga Tahun 2015. Universitas Negeri Semarang.
Ramadhana, M.Rifki, Johaidah Mistar, and Yoki A.Rangkuti. 2019. Survei Minat Belajar Siswa di SMK Negeri 4 Dan SMK Negeri 1 Dalam Mengikuti Mata Pelajaran Penjaskes di Kota Langsa. Jurnal Olahraga Rekreasi Samudra 2(2): 40–46.
Rauf, Abdul. 2019. Pendidikan Jasmani Dan Olahraga. Universitas Negeri Makassar.
Rismayanthi, Cerika. 2011. Optimalisasi Pembentukan Karakter Dan Kedisiplinan Siswa Sekolah Dasar Melalui Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan. Pendidikan Jasmani Indonesia 8(1): 1–17.
Saat, Sulaiman. 2015. Faktor-Faktor Determinan Dalam Pendidikan (Studi Tentang Makna Dan Kedudukannya Dalam Pendidikan. Jurnal Ta’dib 8(2): 1–17. ejournal.iainkendari.ac.id/al-tadib/article/view/407.
Slameto . 2021. Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Sugiyono. 2021. Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Sulindawati, Ni Luh Gede Erni. 2018. Analisis Unsur-Unsur Pendidikan Masa Lalu Sebagai Dasar Penentuan Arah Kebijakan Pembelajaran Pada Era Globalisasi. Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial 4(1): 51–60.
Sunaryo, S. 2016. Minat siswa dalam mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani di SMP Negeri 2 Tempel Kab. Sleman daerah istimewa Yogyakarta. Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta
Wasitohadi, Wasitohadi. 2014. Hakekat Pendidikan Dalam Perspektif John Dewey Tinjauan Teoritis. Satya Widya 30(1): 49.
Wardana & Djamaluddin, A .2021. Belajar dan Pembelajaran. Sulawesi Selatan: CV Kaaffah Learning Center.
Wijaya, Faris. 2017. Ketersediaan Sarana Dan Prasarana Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan di Sma Negeri Kabupaten Sumenep. Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan 5(2): 232–35.
Yeti, Budiyarti. 2011. Minat Belajar Siswa Terhadap Bahasa Indonesia (Studi Kasus di SMA PGRI 56 Ciputat). Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta