This is an outdated version published on 2020-11-14. Read the most recent version.

Tantangan dan Solusi Pembelajaran Daring Olah Raga di Masa Pandemi Covid-19

(Sports Online Learning Challenges and Solutions during the Covid-19 Pandemic)

Authors

  • Boy Indrayana Universitas Jambi
  • Ali Sadikin Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/ijssc.v2i3.10158

Abstract

With the Covid-19 pandemic, it provides an experience that learning should be done face-to-face and online. The purpose of this study was to determine learning about sports during the Covid-19 pandemic. The method used is descriptive qualitative. With data collection procedures, data reduction, drawing conclusions and reporting. The results showed that learning using zoom cloud meetings was more popular with students and lecturers than other online media.

Abstrak. Dengan adanya pandemi Covid-19 memberikan pengalaman bahwa pembelajaran sebaiknya dilakukan secara tatap muka dan secara on line. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pembelajaran olah raga di masa pandemi Covid-19. Metode yang digunakan adalah diskriptif kualitatif. Dengan prosedur pengumpulan data, reduksi data, penarikan kesimpulan dan pelaporan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan zoom cloud meeting lebih digemari mahasiswa dan dosen dibandingkan media on line yang lain. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asmuni, A. (2020). Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 dan Solusi Pemecahannya. Jurnal Paedagogy, 7(4), 281–288. https://doi.org/https://doi.org/10.33394/jp.v7i4.2941

Jamaluddin, D., Ratnasih, T., Gunawan, H., & Paujiah, E. (2013). Pembelajaran Daring Masa Pandemik Covid-19 Pada Calon Guru: Hambatan, Solusi Dan Proyeksi. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1–10. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Jamaluddin, D., Ratnasih, T., Gunawan, H., & Paujiah, E. (2020). Pembelajaran Daring Masa Pandemik Covid-19 Pada Calon Guru : Hambatan, Solusi dan Proyeksi. Karya Tulis Ilmiah UIN Sunan Gunung Djjati Bandung, 1–10. http://digilib.uinsgd.ac.id/30518/

Naserly, M. K. (2020). IMPLEMENTASI ZOOM, GOOGLE CLASSROOM, DAN WHATSAPP GROUP DALAM MENDUKUNG PEMBELAJARAN DARING (ONLINE) PADA MATA KULIAH BAHASA INGGRIS LANJUT (Studi Kasus Pada 2 Kelas Semester 2, Jurusan Administrasi Bisnis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Bina Sa. Aksara Public, 4(2), 155–165.

Pangondian, R. A., Paulus, S. I., & Nugroho, E. (2019). Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Kesuksesan Pembelajaran Daring Dalam Revolusi Industri 4.0. Seminar Nasional Teknologi Komputer & Sains (SAINTEKS), 56–60. https://seminar-id.com/semnas-sainteks2019.html

Rothan, H. A., & Byrareddy, S. N. (2020). The epidemiology and pathogenesis of coronavirus disease (COVID-19) outbreak. Journal of Autoimmunity, 102433. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.jaut.2020.102433

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Zannah, P. Z., Mulhayatiah, D., & Alatas, F. (2014). Penggunaan media pembelajaran zooming presentation untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas x pada konsep suhu dan kalor. EDUSAINS, 6(2), 211–216.

Downloads

Published

2020-11-14

Versions

How to Cite

Indrayana, B., & Ali Sadikin. (2020). Tantangan dan Solusi Pembelajaran Daring Olah Raga di Masa Pandemi Covid-19: (Sports Online Learning Challenges and Solutions during the Covid-19 Pandemic). Indonesian Journal of Sport Science and Coaching, 2(3), 139-142. https://doi.org/10.22437/ijssc.v2i3.10158