Efektivitas Pembelajaran Daring pada Kegiatan Belajar Mengajar Praktik Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani di SMP N 4 Sungai Penuh
DOI:
https://doi.org/10.22437/ijssc.v3i1.12618Keywords:
Efektivitas, Daring, Praktik.Abstract
This study aims to see how the effectiveness of online learning in practical teaching and learning activities in physical education subjects at SMP N 4 Sungai Penuh. This research was conducted at SMP N 4 Sungai Penuh in December 2020. The research data was obtained by distributing online questionnaires using Goggle Forms to students. After the questionnaire was returned, the data were analyzed descriptively quantitatively with the percentage formula. The results showed that the low effectiveness of online learning in practical teaching and learning activities in physical education subjects at SMP N 4 Sungai Penuh. This can be seen from the research results described in several indicators, namely the internet access indicator with a total percentage of 48.5%. Then, the indicator of understanding the material in online learning was 47.5%. Furthermore, the effectiveness indicator in online learning was 48.1%. Then the indicators of online learning implementation in practical teaching and learning activities amounted to 46.6%. From the four indicators described above, an average value of 47.7% can be taken, from this percentage it can be concluded that the effectiveness of online learning in practical teaching and learning activities in physical education subjects at SMP N 4 Sungai Penuh is low. From the results of this study it is suggested that teachers can be more creative and innovative in providing physical education learning online. In addition, teachers as role holders in learning activities should improve teaching skills, use of media, and vary the right strategies in learning, so that online learning in practical teaching and learning activities can be better in the future.
Keywords: Effectiveness, Online, Practice
Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana efektivitas pembelajaran daring pada kegiatan belajar mengajar praktik dalam mata pelajaran pendidikan jasmani di SMP N 4 Sungai Penuh. Penelitian ini dilakukan di SMP N 4 Sungai Penuh pada desember 2020. Data penelitian  diperoleh  dengan  cara menyebarkan  angket  online  menggunakan Goggle  Formulir kepada siswa.  Setelah  angket  dikembalikan,  data dianalisis secara deskriptif kuantitatif dengan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rendahnya efektivitas pembelajaran daring pada kegiatan belajar mengajar praktik dalam mata pelajaran pendidikan jasmani di SMP N 4 Sungai penuh. Hal ini terlihat dari hasil penelitian yang dijelaskan dalam beberapa indikator yaitu indikator akses internet dengan jumlah persentase sebesar 48,5%. Kemudian, pada indikator pemahaman materi dalam pembelajaran daring sebesar 47,5%. Selanjutnya pada indikator keefektifan dalam pembelajaran daring  sebesar  48,1%.  Kemudian  pada indikator implementasi  pembelajaran daring pada kegiatan belajar mengajar praktik sebesar 46,6%. Dari keempat indikator yang telah dijelaskan diatas dapat diambil nilai rata-rata sebesar 47,7%, dari persentase tersebut disimpulkan bahwa efektivitas pembelajaran daring pada kegiatan belajar mengajar praktik dalam mata pelajaran pendidikan jasmani di SMP N 4 Sungai Penuh tergolong rendah. Dari hasil penelitian ini disarankan agar guru dapat lebih kreatif dan inovatif dalam memberikan pembelajaran pendidikan jasmani secara daring. Di samping itu, guru sebagai pemegang peran dalam kegiatan pembelajaran mestinya meningkatkan kemampuan mengajar, penggunaan media, dan memvariasikan strategi yang tepat dalam pembelajaran, sehingga pembelajaran daring pada kegiatan belajar mengajar praktik kedepannya dapat lebih baik.
Kata Kunci : Efektifitas, daring, praktik
Downloads
References
Arikunto, Suharsimi. 2015. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: BumiAksara.
Arnesti, N & Abdul, H. 2015. Penggunaan Media Pembelajaran Online – Offline Dan Komunikasi Interpersonal Terhadap Hasil Belajar Bahasa Inggris. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi Dalam Pendidikan. E-ISSN: 2407-7488. Medan: Universitas Negeri Medan.
Dewi, W, A, F. 2020. Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan Vol 2, No 1. E-ISSN: 2656-8071. Semarang: Universitas Kristen Satya Wacana.
Indrayana, B dan Ali, S. 2020. Tantangan dan Solusi Pembelajaran Daring Olah Raga di Masa Pandemi Covid-19.Jurnal Indonesian Journal of Sport Science and Coaching.Vol. 02, No.03, (2020). E-ISSN: 2685-9807. Available online at: https://online-journal.unja.ac.id/IJSSC/index.
Kemendikbud. 2020. Surat Edaran No. 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (Covid-19). Jakarta: Kemendikbud.
Nugraha, U., & Yuliawan, E. (2021). Meningkatkan hasil belajar passing atas bola voli melalui pendekatan gaya mengajar latihan dengan menggunakan audio visual. Altius: Jurnal Ilmu Olahraga dan Kesehatan, 10(2), 231-242.
Sudijono, A. 2005.Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajawali.
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabet
Yuliawan, E. (2012). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Atletik Menggunakan Pendekatan Metode Student Centered Learning (SCL) Model Case Method pada Mahasiswa Porkes FKIP UNJA: Efforts To Improve Athletic Learning Outcomes Using The Student Centered Learning (SCL) Model Case Method Approach in Porkes FKIP UNJA Students. Cerdas Sifa Pendidikan, 10(2), 25-33.