Pengembangan Model Pembelajaran Senam Lantai Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama

(The Development of Gymnastics Learning Model Based on a Scientific Approach to Junior High School Students)

Authors

  • Achmad Syauqye Universitas Sriwijaya
  • Hartati Universitas Sriwijaya
  • Iyakrus Universitas Sriwijaya

DOI:

https://doi.org/10.22437/ijssc.v2i2.10113

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan sebuah produk berupa model pembelajaran senam lantai berbasis pendekatan saintifik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode research and development yang bearti mengembangkan produk atau menciptakan sebuah produk baru. Populasi yang digunakan adalah seluruh siswa SMP Negeri 1 Indralaya Utara kelas VIII yang berjumlah 38 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode pretest dan posttest dengan melakukan tes sebelum dan sesudah diterapkannya treatment model pembelajaran senam lantai berbasis pendekatan saintifik. Teknik analisi data pada penelitian ini menggunakan uji beda paired sampel t-test. Berdasarkan hasil output dengan menggunakan SPSS 16 bahwa nilai rata-rata dari 38 sampel yang  melakukan test, hasil test sebelum diberikan model pembelajaran adalah 65,59% dan setelah diberikan perlakuan dengan model pembelajaran 82,53% artinya bahwa nilai rata-rata yang di capai siswa terjadi peningkatan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan sebelum dan sesudah diberikan treatment model pembelajaran senam lantai berbasis pendekatan saintifik pada siswa sekolah menengah pertama.

Kata kunci: Pengembangan, Model Pembelajaran, Senam Lantai, Pendekatan Saintifik

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-07-11

How to Cite

Syauqye, A., Hartati, & Iyakrus. (2020). Pengembangan Model Pembelajaran Senam Lantai Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama: (The Development of Gymnastics Learning Model Based on a Scientific Approach to Junior High School Students). Indonesian Journal of Sport Science and Coaching, 2(2), 82-89. https://doi.org/10.22437/ijssc.v2i2.10113