Peningkatan Hasil Belajar Lompat Jauh Melalui Alat Bantu Bola Gantung dan Lompat Kotak

(Students' Improvement Of Long Jump Learning Outcomes Through Hanging Ball And Box Jump Media Tools In The Seventh)

Authors

  • Niku Saputra Universitas Sriwijaya
  • Hartati Universitas Sriwijaya
  • Meirizal Usra Universitas Sriwijaya

DOI:

https://doi.org/10.22437/ijssc.v2i2.10112

Abstract

Pada penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar yang menjadi subjek peneliti ini adalah siswa kela VII di SMP Islam Al – Azhar Cairo Palembang pada semester genap tahun 2019/2020 yang berjumlah 15 orang siswa. Terdiri dari 3 siswa laki – laki dan 12 siswa perempuan. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus, masing – masing siklus meliputi: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Indikator kerja yang ditetapkan untuk mengukur keberhasilan atau dikatakan tuntas jika nilai hasil belajar siswa  ≥80 dan ketuntasan klasikal ≥ 80%. Pada data awal peserta didik yang tuntas sebanyak 3(20%) dan peserta didik yang tidak tuntas sebanyak 12(80%), pada siklus I pertemuan 1 peserta didik yang tuntas sebanyak 6(40%) dan peserta didik yang tidak tuntas sebanyak 9(60%), pada pertemuan 2 peserta didik yang tuntas sebanyak 8(53,33%) dan peserta didik yang tidak tuntas sebanyak 7(46,66%). Pada siklus II terlihat peningkatan yang signifikan bahwa peserta didik yang tuntas pada pertemuan 1 berjumlah 11(73,33%) dan yang peserta didik tidak tuntas 4(26,66%), Pada pertemuan 2 peserta didik yang tuntas 13(86,66%) dan peserta didik yang tidak tuntas 2(13,33%). Setelah melaksanakan penerapan media modifikasi alat bola gantung dan lompat kotak dapat diambil kesimpulan bahwa ada peningkatan hasil belajar lompat jauh dilihat dari data awal siklus I dibandingkan siklus II hasil belajar peserta didik meningkat lebih dari 80%.

Kata Kunci :   Hasil Belajar, Lompat Jauh, Bola Gantung, Lompat Kotak

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-07-08

How to Cite

Saputra, N., Hartati, & Usra, M. . (2020). Peningkatan Hasil Belajar Lompat Jauh Melalui Alat Bantu Bola Gantung dan Lompat Kotak: (Students’ Improvement Of Long Jump Learning Outcomes Through Hanging Ball And Box Jump Media Tools In The Seventh). Indonesian Journal of Sport Science and Coaching, 2(2), 64-72. https://doi.org/10.22437/ijssc.v2i2.10112