Analisis Keterlibatan Mahasiswa dalam Pelaksanaan Program Kampus Mengajar Di SMP Negeri 24 Kota Jambi
DOI:
https://doi.org/10.22437/ideal.v3i2.30296Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Keterlibatan Mahasiswa Dalam Pelaksanaan Program Kampus Mengajar Di SMP Negeri 24 Kota Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan jenis penelitian kualitatif dan menggunakan pendekatan fenomenologi. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Program Kampus Mengajar di SMP Negeri 24 Kota Jambi yang berjumlah enam mahasiswa.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan Teknik wawancara.Teknik analisis data yaitu dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Sedangkan untuk keabsahan data menggunakan teknik triangulasi data. Berdasarkan hasil dan pembahasan penelitian menunjukkan bahwa : (1) pelaksanaan program kampus mengajar memberikan pengalaman baru bagi mahasiswa. Berdasarkan pengalaman, mahasiswa dapat meningkatkan pengembangan kreativitas dengan cara mempraktekkan secara langsung dilapangan. (2) keterlibatan mahasiswa dalam pelaksanaan program kampus mengajar yang berlangsung yaitu mahasiswa diberikan tugas-tugas seperti membantu guru terkait program kampus mengajar, membuat program-program yang menarik, mahasiswa juga berantusias dan sangat aktif berpartisipasi dalam pelaksanaan program. (3) faktor pendukung dalam pelaksanaan program kampus mengajar memberikan dampak positif pada keterlibatan mahasiswa, faktor pendukung tersebut terbagi menjadi motivasi intrinsic antar sesama mahasiswa, solidaritas dan komitmen mahasiswa menjadi solusi dan pendukung pelaksanaan Program Kampus Mengajar. (4) faktor penghambat dalam pelaksanaan program kampus mengajar dapat memberikan dampak negatif pada keterlibatan mahasiswa, faktor penghambatnya seperti sarana dan prasarana yang belum memadai, mis komunikasi yang masih sering terjadi, iklim kerja yang tidak kondusif.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Vira Zuri Syaputri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.