Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Aktifitas dan Hasil Belajar Kelipatan Dan Faktor Di Kelas IV Sd Negeri 217/VII Sikamis Gurun Baru Kecamatan Mandiangin
DOI:
https://doi.org/10.22437/ideal.v3i2.30238Abstract
Rendahnya hasil belajar yang dibuktikan persentase ketidaktuntasan mencapai 64% dari seluruh siswa kelas 4 SDN 217/VII Sikamis pada materi kelipatan dan faktor menjadi motivasi tersendiri bagi peneliti untuk melakukan tindakan perbaikan pembelajaran. karena disebabkan oleh strategi pembelajaran yang lemah dan membosankan bagi siswa yang juga berpengaruh pada aktifitas belajar siswa yang menurun. Untuk selanjutnya peneliti memilih alternative solusi dengan menerapkan strategi pembelajaran model Cooperatif tipe jigsaw. Model ini merupakan salah satu variasi model Collaborative Learning yaitu proses belajar kelompok dimana setiap anggota menyumbangkan informasi, pengalaman, ide, sikap, pen-dapat, kemampuan, dan keterampilan yang dimilikinya, untuk secara bersama-sama saling meningkatkan pemahaman seluruh anggota. Setelah melaksanakan perbaikan pembelajaran dalam 3 siklus dengan 6 kali pertemuan, maka peneliti menyimpulkan bahwa adanya peningkatan rata-rata ketuntasan klasikal untuk ak-tifitas siswa dari siklus 1 63,9% sampai siklus 3 mencapai 84,5% dan hasil belajar siswa dari siklus 1 rata-rata ketuntasan 62,3% sampai siklus 3 mencapai 81,2%. Jumlah persentase perbandingan persiswa yang tuntas dan tidak tuntas pada akhir siklus III yaitu 80,6 % berbanding 19,4 %. Dilihat dari progres ketunta-san yang bertahap ini, menunjukkan bahwa efektifitas dari model pembelajaran ini baik diterapkan untuk meningkatkan pengalaman pembelajaran secara massif. karena dalam kegiatan belajar siswa memperoleh materi lebih dari satu arah. Jadi model ini sangan membantu membangun keterampilan siswa dalam ber-interaksi positif dengan kelompok belajar mereka untuk mencapai tujuan bersama.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Martinalova Martinalova
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.