Penerapan Model Pembelajaran Integrated Reading and Compotion Untuk Meningkatkan Aktifitas dan Hasil Belajar Teks Siswa Kelas IV Eka Tjipta Sungai Air Jernih Kecamatan Pauh
DOI:
https://doi.org/10.22437/ideal.v3i2.30237Abstract
Siswa merupakan subjek yang selalu menjadi penelitian dalam ketuntasan pembelajaran. Begitu juga siswa kelas IV SD Eka Tjipta Sungai Air Jernih Kecamatan Pauh yang menjadi subjek penelitian ini. Rendahnya aktifitas dan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran Bahasa In-donesa dengan materi “Memahami Teks Panjang“ melatar belakangi penelitian perbaikan pembela-jaran ini. Peneliti telah melihat hasil belajar prasiklus, perolehan ketuntasan hanya mencapai 29%. Keinginan untuk memperbaiki sekaligus meningkatkan aktifitas dan hasil belajar ini, Sebagai so-lusinya peneliti menerapkan strategi pembelajaran dengan model Cooperatif Integratif Reading and Compotion ( CIRC ) yang mengintegrasikan bacaan secara menyeluruh kemudian mengkomposisikan menjadi bagian-bagian yang penting. Sebuah Model yang komprehensif untuk mengajari pembelaja-ran membaca, menulis, dan seni berbahasa pada kelas yang lebih tinggi. Prosedur pelaksanaan per-baikan pembelajaran ini dilakukan dalam 3 siklus dengan 6 kali pertemuan. Setelah perbaikan maka peneliti menyimpulkan bahwa adanya peningkatan rata-rata ketuntasan klasikal untuk aktifitas siswa dari siklus 1 65,5% sampai siklus 3 mencapai 85,3% dan hasil belajar siswa dari siklus 1 rata-rata ketuntasan 64,4% sampai siklus 3 mencapai 86,3%. Pada siklus 1 pertemuan kesatu 9 orang yang tidak tuntas, sedangkan setelah pelaksanaan terakhir di siklus 3 semua siswa sudah tuntas. Ketunta-san yang bertahap ini menunjukkan bahwa efektifitas dari model pembelajaran ini sangat cocok dit-erapkan untuk pembelajaran yang bersifat membaca dengan tujuan pemahaman. Namun kurang co-cok untuk pembelajaran yang bersifat berhitung.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 M. ROYYAN AFREZON
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.