Hubungan Kinerja Pustakawan dan Fasilitas Perpustakaan dengan Kepuasan Pelanggan di Perpustakaan FKIP Universitas Jambi
DOI:
https://doi.org/10.22437/ideal.v4i1.13944Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan kinerja pustakawan dan fasilitas perpustakaan dengan kepuasan pelanggan di perpustakaan FKIP Universitas Jambi. Penelitian ini menggunakan rancangan ex post facto. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Program Studi Administrasi Pendidikan Universitas Jambi angkatan 2017-2018. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampling jenuh atau total
sampling sebanyak 130 mahasiswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis korelasi sederhana dan analisis berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat hubungan kinerja pustakawan dengan kepuasan pelanggan di perpustakaan FKIP Universitas Jambi sebesar 0,721 dengan nilai signifikansi 0,000 sehingga nilai rhitung ≥ rtabel atau 0,721
≥ 0,172 maka dapat dikatakan signifikan. Karena rhitung ≥ rtabel maka Ho ditolak dan Ha diterima; (2) Terdapat hubungan fasilitas perpustakaan dengan kepuasan pelanggan sebesar 0,535 dengan nilai signifikan 0,000 sehingga rhitung ≥ rtabel atau 0,535 ≥ 0,172 maka dapat dikatakan signifikan. Karena rhitung ≥ rtabel maka Ho ditolak dan Ha diterima; (3) Terdapat hubungan kinerja pustakawan dan fasilitas perpustakaan secara bersama-sama dengan kepuasan pelanggan di perpustakaan
FKIP Universitas Jambi sebesar 0,769, sehingga dapat disimpulkan kinerja pustakawan dan fasilitas perpustakaan secara bersama-sama memiliki korelasi dengan kepuasan pelanggan.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Indonesian Educational Administration and Leadership Journal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.