PENERAPAN MODEL POE2WE YANG DI INTEGRASIKAN DENGAN BENCANA TSUNAMI SEBAGAI UPAYA PEMAHAMAN KONSEP FISIKA PADA MATERI GELOMBANG BERJALAN DAN GELOMBANG STASIONER BAGI SISWA KELAS XI SMA

Penulis

  • Ihsan Nurdiansah Pendidikan Fisika FKIP Universitas Siliwangi
  • Fahmi Hujjatul Islami Pendidikan Fisika FKIP Universitas Siliwangi
  • Nana Nana Pendidikan Fisika FKIP Universitas Siliwangi

Kata Kunci:

POE2WE, tsunami, gelombang berjalan dan stasioner

Abstrak

Penelitian ini untuk mendeskripsikan penerapan model POE2WE yang di integrasikan dengan bencana tsunami pada materi gelombang berjalan dan gelombang stasioner. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur. Model POE2WE yang di integrasikan dengan bencana tsunami pada materi gelombang berjalan dan gelombang stasioner mengikuti langkah-langkah prediction, observation, explanation, elaboration, write dan evaluation. Tahapan pembeajaran  POE2WE memudahkan guru dalam memfasilitasi siswa untuk mempelajari materi gelombang. Siswa dapat memahami konsep gelombang berjalan dan gelombang stasioner dengan mengontruksi pengetahuannya sendiri yang dihubungkan langsung dengan permasalahan yang nyata dalam kehidupan sehari-hari.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

BNBD (2012). Definisi dan Jenis Bencana. Diakses pada 4 Maret 2020 dari http://www.bnpd.go.id Academia edu.

Istyowati, A. (2017). Analisis Pembelajaran Dan Kesulitan Siswa Sma Kelas Xi Terhadap Penguasaan Konsep Fisika. Jurnal Prosiding Seminar Nasional III Universitas Negeri Malang.

Jumadin L, Dkk. (2017). Perlunya Pembelajaran Modeling Instruction Pada Materi Gelombang. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan.

Ma’rifah M, Sumadi. (2016). Pengaruh Penerapan Media Power Point dalam Pembelajaran Fisika Terhadap Prestasi Belajar Fisika Pokok Bahasan Listrik Dinamis. Pendidikan Fisika FKIP Universitas Sarjanawiyata.

Nana, Sajidan, Akhyar, M., & Rochsatiningsih, D. (2014). The development of Predict, Observe, Explain, Elaborate, Write, and Evaluate (POE2WE) Learning Model in Physics Learning at Senior Secondary School. Journal of Education and Practice, 5(19), 56–65.

Nana, Dewi R, & Muhammad, A, Sajidan. (2016). The Effectiveness of Scientific Approach Through Predict, Observe, Explain, Elaborate, Write, and Evaluate (POE2WE) Model oh the Topic of Kinetics (Rectilinier Motion) at senior High School. The Social Sciences, 11(6), 1028-1024.

Nana. (2014). Pengembangan model POE2WE dalam pembelajaran Fisika SMA. Universitas Sebelas Maret.

Nur Arief M. (2010). Gempa Bumi, Tsunami dan Mitigasinya. Balai Informasi dan Konservasi Kebumen karangsambung-LIPI. Vol 7, hal 68.

Permatasari, O. I. (2011). Keefektifan model pembelajaran Predict- Observe-Explain (POE) berbasis kontekstual dalam peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa SMP kelas VIII pada pokok bahasan tekanan. Universitas Negeri Semarang.

Pareken Minarty, Dkk. (2015). Penerpan Model Pembelajaran Berbasis Fenomena Terhadap Keterampilan Berfikir Kritis Dan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas X Sma Negeri 2 Rantepao Kabupaten Toraja Utara. Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSPF). hal 214-221

Resta Ichy Lucya, Dkk. (2013). Pengaruh Pendekatan Pictorial Riddle Jenis Video Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Inkuiripada Materi Gelombang Terintegrasi Bencana Tsunami. PILAR OF PHYSICS EDUCATION. Vol1. 17-22

Rahayu, S., Widodo, A. T., & Sudirman. (2013). Pengembangan perangkat pembelajaran model POE berbantuan media â€I am Scientistâ€. Innovatif: Journal of Curriculum and Education Technology, 2(1), 128–133.

Samosir, H. (2010). Model Pembelajaran Predict-Observe-Explain-Write (POEW) untuk meningkatkan penguasaan konsep kalor dan keterampilan berpikir kritis siswa SMA. Universitas Pendidikan Indonesia.

Suharyanto, Dkk. (2009). Buku Sekolah Elektronik Fisika untuk SMA dan MA Kelas XII. Jakarta: Depdiknas.

Yamin, M., & Ansari, B. I. (2012). Taktik mengembangkan kemampuan individual siswa. Jakarta: Gaung Persada Press.

Unduhan

Diterbitkan

— Diperbaharui pada 2020-06-30

Cara Mengutip

Nurdiansah, I., Hujjatul Islami, F., & Nana, N. (2020). PENERAPAN MODEL POE2WE YANG DI INTEGRASIKAN DENGAN BENCANA TSUNAMI SEBAGAI UPAYA PEMAHAMAN KONSEP FISIKA PADA MATERI GELOMBANG BERJALAN DAN GELOMBANG STASIONER BAGI SISWA KELAS XI SMA. EduFisika: Jurnal Pendidikan Fisika, 5(01), 16–22. Diambil dari https://online-journal.unja.ac.id/EDP/article/view/9027