This is an outdated version published on 2017-12-15. Read the most recent version.

HUBUNGAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA KELAS XI MIA SMA N 1 MUARO JAMBI

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh lingkungan belajar yang berbeda-beda pada siswa yang mengikuti pelajaran di sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara lingkungan belajar terhadap hasil belajar fisika siswa kelas XI MIA SMAN 1 Muaro Jambi.. Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif  kuantitatif korelasional. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah lingkungan belajar sedangkan hasil belajar sebagai variabel terikat. Populasi yang diambil adalah Siswa kelas XI MIA SMA N 1 Muaro Jambi. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik random sampling  yaitu sampel diambil secara acak dari setiap kelas yang akan diteliti dengan taraf kepercayaan 95% dengan ukuran sampel 122 siswa. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket dan  tes soal. Teknik analisis data uji asumsi dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas dengan bantuan software SPSS 22. Hasil uji hipotesis menggunakan uji korelasi product moment dengan perhitungan secara manual pada taraf kepercayaan 95%  Î± = 0,05 df=122 diperoleh  nilai korelasi pearson 0,569 artinya ada korelasi yang cukup antara lingkngan belajar dan hasil belajar maka H0 ditolak hal ini dapat diartikan bahwa H1 diterima yaitu terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara lingkungan belajar dan hasil belajar fisika siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2017-12-15

Versions

How to Cite

HUBUNGAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA KELAS XI MIA SMA N 1 MUARO JAMBI. (2017). EduFisika: Jurnal Pendidikan Fisika, 2(02), 58-67. Retrieved from https://online-journal.unja.ac.id/EDP/article/view/4544