SIKAP SISWA TERHADAP MATA PELAJARAN FISIKA DI SMA NEGERI 5 MUARO JAMBI

Authors

  • Kiki Hardiyanti Universitas jambi
  • Astalini Astalini Pendidikan Fisika Universitas Jambi
  • Dwi Agus Kurniawan Pendidikan Fisika Universitas Jambi

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui sikap terhadap mata pelajaran fisika di SMA N 5 Muaro Jambi. Metode penelitian ini campuran dengan jenis penelitiannya explanatory sequensial. Prosedur pengumpulan data, pertama peneliti menyebarkan angket kepada siswa dianalisis dan disajikan dalam bentuk diagram lingkaran, kedua peneliti melakukan wawancara dan dokumentasi berupa rekaman dan foto saat wawancara, dan tahap ketiga studi dokumentasi berupa foto dan transkipkan kedalam bentuk tulisan. Subjek penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 5 Muaro Jambi kelas X MIA, XI IPA dan XII IPA tahun ajaran 2017-2018. Instrument penelitian yaitu; pertama angket siswa terhadap mata pelajaran fisika, kedua lembar wawancara, dan ketiga dokumentasi. Teknik analisis data kuantitatif statistik deskriptif dan data kualitatif model miles dan husberman. Hasil penelitian dimensi sikap implikasi sosial dari fisika dikategorikan sikap baik 49%. sikap normalitas ilmuawan dikategorikan sikap cukup 56%, sikap terhadap penyelidikan dalam fisika dikategorikan sikap cukup 51%. Adopsi dari sikap ilmiah dikategorikan sikap baik 58%. Sikap kesenangan dalam belajar Fisika dikategorikan sikap baik 46%. Sikap ketertarikan memperbanyak waktu belajar Fisika dikategorikan sikap cukup 48%, dan sikap ketertarikan berkarir di bidang fisika dikategorikan sikap baik 43%.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2018-12-15 — Updated on 2018-12-15

Versions

How to Cite

Hardiyanti, K., Astalini, A., & Kurniawan, D. A. (2018). SIKAP SISWA TERHADAP MATA PELAJARAN FISIKA DI SMA NEGERI 5 MUARO JAMBI. EduFisika: Jurnal Pendidikan Fisika, 3(02), 1-12. Retrieved from https://online-journal.unja.ac.id/EDP/article/view/4522

Most read articles by the same author(s)