SIKAP ILMIAH PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DENGAN METODE ACCELERATED LEARNING TYPE MASTER DI KELAS X-TKR-2 SMK NEGERI 1 MUARO JAMBI

Authors

  • Solihin - SMK Negeri 1 Muaro Jambi
  • Hesti Widayani Mahasiswa Program Pascasarjana MPIPA Universitas Jambi

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya sikap ilmiah peserta didik sehingga mengakibatkan rendahnya hasil belajar peserta didik kelas X-TKR-2 SMK Negeri 1 Muaro Jambi, yang disebabkan oleh proses kegiatan belajar dikelas tersebut berjalan lamban karena kurangnya kemampuan peserta didik dalam menyerap serta memahami informasi baru, dan sulit mempertahankan informasi yang sudah didapat. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, dilakukan upaya dengan menggunakan pendekatan Accelerated Learning Type MASTER yang dapat menghasilkan penyerapan informasi dan pemahaman yang lebih baik. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan sikap ilmiah dan hasil belajar fisika peserta didik. Penelitian ini dilakukan dalam 3 siklus dengan menggunakan metode Accelerated Learning. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas X-TKR-2 SMK Negeri 1 Muaro Jambi, dengan jumlah peserta didik 34 orang. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan adanya peningkatan sikap ilmiah dan hasil belajar fisika peserta didik pada tiap siklus. Peningkatan sikap ilmiah peserta didik terlihat dari rerata persentase sikap ilmiah peserta didik pada tiap siklusnya, disiklus I rerata persentase sikap ilmiah peserta didik sebesar 64,2%, disiklus II meningkat menjadi 73,8%, disiklus III mencapai 83,3%. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahawa pendekatan accelerated learning dapat meningkatkan sikap ilmiah dan hasil belajar fisika peserta didik di kelas X-TKR-2 SMK Negeri 1 Muaro Jambi pada pokok bahasan Besaran dan Satuan.

 

Kata kunci : Pendekatan Accelerated Learning Type MASTER, Sikap Ilmiah

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2016-12-15 — Updated on 2016-12-15

Versions

How to Cite

-, S., & Widayani, H. (2016). SIKAP ILMIAH PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DENGAN METODE ACCELERATED LEARNING TYPE MASTER DI KELAS X-TKR-2 SMK NEGERI 1 MUARO JAMBI. EduFisika: Jurnal Pendidikan Fisika, 1(2), 21-24. Retrieved from https://online-journal.unja.ac.id/EDP/article/view/3426