PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE PEER LESSONS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SUHU DAN KALOR KELAS X¬A DI SMAN 8 KOTA JAMBI

Authors

  • Esti Dwijayanti Alumni Pendidikan Fisika FKIP Unversitas Jambi
  • Haerul Pathoni Dosen Pendidikan Fisika FKIP Unversitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/edufisika.v1i1.2959

Abstract

Telah dilakukan  penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang  dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar fisika siswa di kelas Xa SMAN 8 Kota Jambi. Hal ini disebabkan oleh anggapan siswa bahwa pelajaran fisika itu sulit sehingga siswa kurang merespon untuk belajar dan pembelajaran yang digunakan oleh guru bersifat konvensional.yang bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan sebanyak tiga siklus dengan menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe peer lessons dalam proses belajar mengajar. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar fisika siswa pada tiap siklus. Peningkatan aktivitas siswa terlihat dari rata-rata persentase aktivitas siswa pada siklus I adalah 50,29%, meningkat pada siklus II menjadi 67,79%, dan meningkat lagi pada siklus III menjadi 75%. Sedangkan hasil belajar siswa pada siklus I 49,92 dengan jumlah yang berhasil 10 orang (25%), meningkat pada siklus II menjadi 64 dengan jumlah yang berhasil 24 orang (62,5%) kemudian meningkat lagi pada siklus III menjadi 78,1 dengan jumlah siswa yang berhasil 30 orang (75%). Berdasarkan hasil yang diperoleh dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe peer lessons dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar fisika pada materi suhu dan kalor di kelas Xa SMAN 8 Kota Jambi.

 

Kata Kunci: Strategi Pembelajaran Aktif, Tipe Peer Lessons, Aktivitas, Hasil Belajar

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2016-06-15 — Updated on 2016-06-15

Versions