LITERATURE REVIEW: INDEPENDENCE CHARACTERS IN PHYSICS SUBJECTS

Authors

DOI:

https://doi.org/10.59052/edufisika.v8i2.25280

Keywords:

Literature review, Independence, Physics

Abstract

The method used is System Literature Review. This method is used with the intention of identifying, evaluating and synthesizing research results and ideas that have been produced by researchers and practitioners. Data collection techniques using literature studies. Sampling data was collected by looking for several scientific articles from the results of previous researchers' research experimentally, descriptively, or developmental research, based on literature studies, to be studied further and conclusions drawn from the research topics studied. The article review process in this study discusses the scope of evaluation of high school students' spectacle learning. The instruments used in data collection included a review of scientific articles sourced from the last 25 references from Google Scholar, hands-on science, and article research gates reviewed by researchers who focused on the topic. researched. Then data analysis was carried out in this study using a synthetic matrix.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmadi, S., & Syahrani, S. (2022). Pelaksanaan pembelajaran di STAI Rakha sebelum, semasa dan sesudah pandemi Covid-19. Adiba: Journal of Education, 2(1), 51-63.

Aji, S.H (2018). Pengembangan media belajar mandiri berbasis aplikasi whatsapp untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar fisika kelas XI SMA N 1 Purwokerto. Jurnal pendidikan Fisika, 7(1), 29-37.

Anggela, M. (2013). Pengembangan buku ajar bermuatan nilai-nilai karakter pada materi usaha dan momentum untuk pembelajaran fisika siswa kelas XI SMA. Pillar of Physics Education, 1(1).

Astalini, A., Darmaji, D., Kurniawan, D. A., Jaya, H., & Husna, S. M. (2022). Analysis of teacher responses to the use of web-based assessment to assess students' attitudes towards science subjects. Integrated Science Education Journal, 3(3), 66-71.

Aziz, A. (2018). Hubungan antara kompetensi guru dan kepercayaan diri dengan kemandirian siswa smp n 2 Pangkalan Susu. Jurnal Psychomutiara, 1(1), 15-29.

Aziziy, Y. N., Wiyanto, W., Sulhadi, S., & Mindyarto, B. N. (2019). Desain Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM) dalam mengembangkan keterampilan scientific collaboration siswa pada mata pelajaran fisika. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS) (Vol. 2, No. 1, pp. 937-942).

Bakri, F., Rasyid, R., & Mulyaningsih, R. D. A. (2015). Pengembangan modul fisika berbasis visual untuk sekolah menengah atas (sma). JPPPF (Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika), 1(2), 67-74.

Damanik, D. P. (2013). Analisis kemampuan berpikir kritis dan sikap ilmiah pada pembelajaran Fisika menggunakan model pembelajaran Inquiry Training (IT) dan Direct Instruction (DI) (Doctoral dissertation, UNIMED).

Dani, R., Latifah, N. A., & Putri, S. A. (2019). Penerapan pembelajaran berbasis Discovery learning melalui metode talking stick untuk meningkatkan pemahaman konsep gerak lurus. Edufisika: Jurnal Pendidikan Fisika, 4(02), 24-30.

Dewi, A. R. (2013). Pengembangan modul pembelajaran fisika inti berbasis multimedia dengan Swishmax sebagai media belajar mandiri mahasiswa Jurusan Fisika FMIPA Universitas Negeri Malang (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Malang).

Diani, R. (2015). Pengembangan perangkat pembelajaran fisika berbasis pendidikan karakter dengan model problem based instruction. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 4(2), 243-255.

Delyana, H. (2021). Kemandirian belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif think pair square (TPSq). Jurnal Absis: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 3(2), 286-296.

Fadillah, P. (2022). Pembelajaran agama: Komparasi karakter religius dan karakter cinta damai. Journal of Basic Education Research, 3(2), 64-68.

Fahri, L. M., & Qusyairi, L. A. H. (2019). Interaksi sosial dalam proses pembelajaran. Palapa, 7(1), 149-166.

Faiz, A., & Soleh, B. (2021). Implementasi pendidikan karakter berbasis kearifan lokal. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 7(1), 68-77.

Fitri, U. R., Desnita, D., & Handoko, E. (2015). Pengembangan modul berbasis discovery-inquiry untuk fisika sma kelas xii semester 2. JPPPF-Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 1(1), 47-54.

Harefa, D., & Sarumaha, M. (2020). Teori Pengenalan Ilmu Pengetahuan Alam Sejak Dini. Pm Publisher.

Indriyani, R., & Mufit, F. (2023). Interactive multimedia design based on cognitive conflict using smartphone in mechanical wave characteristics. EduFisika: Jurnal Pendidikan Fisika, 8(1).

Khamdani, S. L. (2014). Pengembangan Ensiklopedia Fisika Berbasis Integrasi Islam-Sains Sebagai Sumber Belajar Mandiri Siswa SMA/MA (Doctoral dissertation, UIN SUNAN KALIJAGA).

Khoiri, N. (2021). Efektivitas Strategi Pembelajaran Inkuiri terhadap Sikap Ilmiah dan Keterampilan Proses Sains. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 12(1), 72-77.

Kristyowati, R., & Purwanto, A. (2019). Pembelajaran literasi sains melalui pemanfaatan lingkungan. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(2), 183-191.

Latifah, N., Ashari, A., & Kurniawan, E. S. (2020). Pengembangan e-Modul Fisika untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains (JIPS), 1(1), 1-7.

Mardiansyah, Y. (2013). Pembuatan modul fisika berbasis TIK untuk mengintegrasikan nilai pendidikan karakter dalam pembelajaran siswa SMAN 10 Padang Kelas X Semester 1. Pillar of Physics Education, 1(1).

Mandriesa, C. (2020). Identifikasi religiusitas siswa di sma adhyaksa 1 jambi. Journal Evaluation in Education (JEE), 1(1), 15-20.

Misbah, M., Wati, M., & Rif'at, M. F. (2018). Pengembangan petunjuk praktikum fisika dasar i berbasis 5M untuk melatih keterampilan proses sains dan karakter wasaka. Jurnal Fisika Flux: Jurnal Ilmiah Fisika FMIPA Universitas Lambung Mangkurat, 15(1), 26-30.

Mustikarini, P. (2016). Pengembangan majalah fisika sebagai alternatif sumber belajar mandiri berkarakter islami melalui materi fluida dinamis untuk menumbuhkan sikap spiritual dan motivasi belajar siswa kelas XI SMA Negeri 1 Bantul. Jurnal Pendidikan Fisika, 5(2), 98-105.

Ndraha, L. D. M. (2022). Pelatihan menggunakan bahasa inggris untuk anak SD. HAGA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 36-39.

Ningsih, I. W. (2022). Hubungan karakter tanggung jawab terhadap hasil belajar pembelajaran tematik. Journal of Basic Education Research, 3(1), 27-31.

Nugroho, M. T. (2020). Peranan Pembelajaran Agama Islam Dalam Pembentukan Karakter Religius Dan Toleransi Siswa Sekolah Dasar. Journal Evaluation in Education (JEE), 1(3), 91-95.

Oktavia, Y. (2020). Usaha kepala sekolah dalam meningkatkan kreativitas guru dalam pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 2(1), 808-815.

Polonia, B. S. E. (2014). Pengembangan aplikasi kamus fisika berbasis android sebagai alternatif sumber belajar mandiri siswa kelas X pokok bahasan fluida statis dan kalor (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Malang).

Pulungan, F. R. (2013). Pengaruh model pembelajaran problem based learning berbasis pendidikan karakter terhadap perubahan karakter dan kemampuan menyelesaikan masalah fisika. Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran Fisika, 4(2), 38-43.

Purbosari, P. M. (2016). Pembelajaran berbasis proyek membuat ensiklopedia Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) untuk meningkatkan academic skill pada mahasiswa. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 6(3), 231-238.

Puspitasari, A. D. (2019). Penerapan media pembelajaran fisika menggunakan modul cetak dan modul elektronik pada siswa SMA. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 7(1), 17-25.

Purwanto, A. E., Susanti, N., & Hendri, M. (2016). Studi perbandingan hasil belajar siswa menggunakan media phet simulations dengan alat peraga pada pokok bahasan listrik magnet di Kelas IX SMPN 12 Kabupaten Tebo. Jurnal Pendidikan Fisika, 1(1).

Pitriyani, P., & Fitriani, R. The role of the teacher in developing the literacy movement through library visit activities in elementary school. Journal Basic of Education Research. 4(1): 1-9.

Ramadan, F., Awalia, H., Wulandari, M., & Nofriyadi, R. A. (2022). Manajemen tri pusat pendidikan sebagai sarana pembentukan karakter anak. Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak, 8(1), 70-82.

Rahadiyani, D. W. S., Rivani, P. A., & Untari, F. (2023). Implementation of problem based learning model as an effort to improve student activities and outcomes in temperature and heat materials. Integrated Science Education Journal, 4(1), 19-22.

Ridlo, A. (2020). Deskripsi sikap siswa dalam mata pelajaran ipa di smp it ashidiqi. Journal Evaluation in Education (JEE), 1(2), 73-77.

Rasmi, D. P., Hendri, M., & Nasution, O. S. M. (2022). Analisis kebutuhan project book berbasis pjbl-steam pada mata kuliah metode eksperimen fisika. EduFisika: Jurnal Pendidikan Fisika, 7(2), 129-137.

Rofiqah, S. A., Erwin, E., & Gunarto, W. (2017). Pengaruh pemberian tugas mandiri terstruktur terhadap hasil belajar Fisika Madrasah Tsanawiyah Nurul Huda. JIPFRI (Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika dan Riset Ilmiah), 1(1), 37-40.

Safitri, S. R., & Budhi, W. (2017). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar IPA ditinjau dari kemandirian belajar siswa. Natural: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 4(2), 34-40.

Safitri, E., Kosim, A. H., & Harjono, A. (2019). Pengaruh model pembelajaran predict observe explain (poe) terhadap hasil belajar ipa fisika siswa SMP Negeri 1 Lembar Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 5(2), 197-204.

Saputra, T. B. R. E., Nur, M., & Purnomo, T. (2019). Pengembangan pembelajaran inkuiri berbantuan PhET untuk melatihkan keterampilan proses sains siswa. JSEP (Journal of Science Education and Practice), 1(1), 20-31.

Sari, D. K. (2020). Kepraktisan aplikasi fisika isomorfis (forfis) berbasis android dalam menunjang pembelajaran mandiri. DIFFRACTION: Journal for Physics Education and Applied Physics, 2(1), 24-29.

Sari, D. K. (2021). Pengembangan e-modul praktikum fisika dasar 1 dengan pendekatan STEM untuk menumbuhkan kemandirian belajar. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 5(1), 44-54.

Senjaya, P., Kotamena, F., Andika, C. B., & Purwanto, A. (2020). Studi kasus: Pengaruh pendidikan karakter dan tata nilai terhadap kecerdasan emosi dan kemandirian siswa sekolah dasar di Serpong. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 22-39.

Setyaningrum, A., & Wiyatmo, Y. (2016). Pengembangan video pembelajaran fisika berbasis sibi pada materi getaran dan gelombang sebagai media belajar mandiri untuk meningkatkan minat belajar pada peserta didik tunarungu. Jurnal Pendidikan Fisika, 5(1), 38-45.

Sianturi, F. A. (2016). Aplikasi pembelajaran penjaskes olahraga basket menggunakan metode computer assisted instruction (CAI). Journal Of Informatic Pelita Nusantara, 1(1).

Sianipar, L. K., Gunanto, Y. E., Izaak, M. P., & Rasmi, D. P. (2023). Studi awal: dampak penggunaan bahan ajar berbasis inkuiri terbimbing terhadap kemandirian belajar siswa. EduFisika: Jurnal Pendidikan Fisika, 8(1), 52-57.

Suardi, M. (2018). Belajar & pembelajaran. Deepublish.

Sunaryo, Y. (2014). Model pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif matematik siswa sma di kota tasikmalaya. Jurnal pendidikan dan keguruan, 1(2), 209679.

Suryaningsih, Y. (2017). Pembelajaran berbasis praktikum sebagai sarana siswa untuk berlatih menerapkan keterampilan proses sains dalam materi biologi. Bio Educatio, 2(2), 279492.

Susilawati, S., Ristanto, S., & Khoiri, N. (2015). Pembelajaran real laboratory dan tugas mandiri fisika pada siswa SMK sesuai dengan keterampilan abad 21. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 11(1), 73-83.

Sutama, G. A., Suranata, K., & Dharsana, I. K. (2014). Penerapan Teori Behavioral dengan Teknik Modeling untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa Kelas AK C SMK Negeri 1 Singaraja Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, 2(1).

Tafonao, T. (2018). Peranan media pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar mahasiswa. Jurnal komunikasi pendidikan, 2(2), 103-114.

Nova, D. D. R., & Widiastuti, N. (2019). Pembentukan Karakter Mandiri Anak Melalui Kegiatan Naik Transportasi Umum. Comm-Edu (Community Education Journal), 2(2), 113-118.

Yestiani, D. K., & Zahwa, N. (2020). Peran Guru dalam Pembelajaran pada Siswa Sekolah Dasar. Fondatia, 4(1), 41-47.

Yudanto, D., & Wiyatmo, Y. (2017). Mobile Learning Media Development On Android Platform Based On App Inventor As A Source Of Self-Study To Imptove Educational Outcomes On Physics Subject Of Sma N 8 Yogyakarta Students. Jurnal Pendidikan Fisika, 6(3), 190-196.

Yusra, D. M., Citra, Y. D., & Rosnita, R. (2023). Explicit Instruction Based E-Module Development on Momentum and Impulsive Material. Integrated Science Education Journal, 4(1), 14-19.

Wahyudi, I. (2017). Pengembangan program pembelajaran fisika sma berbasis e-learning dengan schoology. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 6(2), 187-199.

Widiana, A. P. (2013). Pengembangan Ensiklopedia Alat Ukur Fisika Sebagai Sumber Belajar Mandiri untuk Sma/Ma Kelas X pada Materi Besaran dan Satuan (Doctoral dissertation, UIN SUNAN KALIJAGA).

Wulandari, K. (2020). Pengembangan e-modul fisika berbasis karakter dengan pendekatan saintifik. Exact Papers in Compilation (EPiC), 2(03), 299-306.

Downloads

Published

2023-08-06

How to Cite

Win, K. T., & Wulandari, M. (2023). LITERATURE REVIEW: INDEPENDENCE CHARACTERS IN PHYSICS SUBJECTS. EduFisika: Jurnal Pendidikan Fisika, 8(2), 204-216. https://doi.org/10.59052/edufisika.v8i2.25280