PENGARUH PEMBELAJARAN GEOMETRI DENGAN PENDEKATAN INDUKTIF

Authors

  • Fitriana Rahmawati

DOI:

https://doi.org/10.22437/edumatica.v1i02.682

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertitik tolak pada permasalahan: bagaimana pengaruh pembelajaran geometri dengan pendekatan induktif? Tujuan penelitian ini adalah: (1)untuk mengetahui apakah ada pengaruh pembelajaran geometri dengan pendekatan induktif terhadap hasil belajar, (2) untuk mengetahui apakah rata-rata hasil belajar matematika siswa yang menerapkan pembelajaran geometri dengan pendekatan induktif lebih tinggi daripada yang menerapkan pembelajaran konvensional. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 8 Bandar Lampung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen. Untuk menganalisis data penulis menggunakan rumus t,diperoleh t= 3,88, dan dari total distribusi t pada taraf signifikan 5% dari daftar diketahui t= 1,98 dan t= 1,66, maka t > t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar matematika yang menerapkan pendekatan induktif lebih tinggi dari pada yang menerapkan pembelajaran konvensional.

Kata Kunci : pembelajaran geometri, pendekatan induktif, hasil belajar

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2011-10-15 — Updated on 2011-10-15

Versions

How to Cite

Rahmawati, F. (2011). PENGARUH PEMBELAJARAN GEOMETRI DENGAN PENDEKATAN INDUKTIF. Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(02). https://doi.org/10.22437/edumatica.v1i02.682