This is an outdated version published on 2017-11-30. Read the most recent version.

FENOMENA TRADISI MINUM DAUN KAWO DI DESA UJUNG PASIR

DOI:

https://doi.org/10.22437/titian.v1i2.4223

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan data kualitatif melalui pendekatan fenomenologi, yaitu untuk mengetahui sejarah asal mula tradisi minum daun kawo dan sistrem sosial budaya masyarakat desa Ujung Pasir. Fokus penelitian ini adalah sejarah dan aktivitas kelompok tradisi minum daun kawo di desa Ujung pasir. Pemahaman tentang trasdisi minum daun kawo sebagai modal sosial budaya masyarakat desa Ujung pasir yang mengikat kekerabatan. Dengan menggunakan menggunakan metode deskriptif dalam ranah kebudayaan atau sosio kultural.

Hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa masyarakat desa ujung Pasir sangat menjaga tradisi minum daun kawo ini. Aktivitas minum daun kawo yang dilakukan dengan sadar, dengan motif dan tujuan untuk menjaga hubungan kekerabatan dan aktivitas tradisi ini juga menjadi sarana komunikasi antar kerabat untuk mencapai tujuan bersama dan media proplem solving. Simpulannya, aktivitas tradisi minum daun kawo sebagai penguat dan  perekat hubungan kekeluargaan dalam sarana komunikasi.

 

Kata kunci: kopi daun, daun kawo, melayur, tradisi, desa Ujung Pasir, Kerinci, kekerabatan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2017-11-30

Versions

How to Cite

FENOMENA TRADISI MINUM DAUN KAWO DI DESA UJUNG PASIR. (2017). Titian: Jurnal Ilmu Humaniora, 1(2), 142 - 155. https://doi.org/10.22437/titian.v1i2.4223

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)