Minat Siswa Madrasah Tsanawiyah Terhadap Pembelajaran Tenis Meja

Authors

  • Ahmad Sodikin
  • Sri Murniati Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, Universitas Jambi
  • Reza Hadinata Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/sc.v3i2.29169

Keywords:

Minat siswa, Tenis Meja

Abstract

Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk menyelidiki dengan lebih rinci minat siswa di MTs Swasta Jauharul Islam terhadap pembelajaran praktik Tenis Meja. Fokus penelitian diformulasikan untuk memahami sejauh mana minat tersebut dapat memengaruhi partisipasi dan keterlibatan siswa dalam kegiatan olahraga ini. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan metode survei, yang melibatkan penggunaan angket sebagai instrumen pengumpulan data. Populasi siswa kelas VIII yang berjumlah 72 orang dipilih sebagai sampel menggunakan metode populasi sampling. Data yang terkumpul dianalisis untuk mengukur tingkat minat siswa terhadap pembelajaran praktik Tenis Meja. Hasil analisis menunjukkan bahwa Minat Siswa Madrasah Tsanawiyah Swasta Jauharul Islam Penyengat Olak Kelas VIII Terhadap Pembelajaran Praktik Olahraga Tenis Meja berada dalam kategori sangat baik, dengan porsentase mencapai 85%. Kesimpulan ini memberikan gambaran yang lebih mendalam tentang sejauh mana minat siswa dapat menjadi faktor penting dalam menilai keberhasilan dan efektivitas pembelajaran praktik olahraga Tenis Meja di lingkungan MTs Swasta Jauharul Islam

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aritonatonang, Keke T. (2018). Minat dan Motivasi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Penabur, 3(10), 11–21.

Djamarah. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta

Hafidz, N. C. D. & A. (2021). Manajemen Pembinaan Prestasi Cabang Olahraga Tenis Meja Di Klub Ormeta.Jurnal Prestasi Olahraga, March, 25–27.

Keliat, A. N. dan P. (2022). Bina guna press (Issue 77).

Muherman, S., & Ramona, S. (2019). Pengaruh Open Skill Terhadap Ketepatan Pukulan Forehand Drive Dalam Ekstrakurikuler Tenis Meja. Altius : Jurnal Ilmu Olahraga Dan Kesehatan, 6(1), 56–62. https://doi.org/10.36706/altius.v6i1.8231

Nata1, A. D., Yeni2, H. O., 3, R. S., Dirneti4, Indriyani5, D., Meilina6, F., & Haidir7. (2023). Sosialisasi Peraturan Pertandingan Dan Turnamen Tenis Meja Mahasiswa Penjas Universitas Karimun. Jurnal Pokok Education, 1(2), 22–26. https://doi.org/10.54036/XXXXXXXXXX-X-XX

Nurhasanah, S., & Sobandi, A. (2016). Minat Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 128. https://doi.org/10.17509/jpm.v1i1.3264

Nurvenda, B., & Widodo, A. (2021). Analisis SWOT Pembinaan Cabang Olahraga Tenis Meja Klub Bintang Berlian Kabupaten Mojokerto. Jurnal Kesehatan Olahraga, 09(04), 35–38.

Pantiwati, Y., & Nyono, N. (2020). Asesmen Autentik dalam Kegiatan Praktik Pembelajaran sains. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi V 2019, 385–392.

Purwanto, D. D., & Suharjana, S. (2017). Pengembangan model pembelajaran pengenalan teknik dasar tenis meja untuk siswa SD kelas atas. Jurnal Keolahragaan, 5(2), 133. https://doi.org/10.21831/jk.v5i2.6419

Sihombing, A. . (2019). Pengembangan Peraturan Permainan Tenis Meja Melalui Modifikasi Model Peraturan Permainan Tenis Ams 32 Pada Siswa Smp Kelas Vi. Doctoral Dissertation, UNIMED, 1–16.

Simbolon, N. (2013). Minat Belajar Siswa Dimasa Pandmi. Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pendidikan Dasar, 1(2), 14–19.

Slameto. (2015). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta. PT. Rineka Cipta.

Suharyat, Y. (2020). Hubungan Antara Sikap, Minat Dan Perilaku Manusia. Jurnal Region, 1(3), 1–19.

Titin, S. (2016). Pengaruh Metode Pembelajaran Praktik Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Studia Didkatika Jurnal Ilmiah Pendidikan, 10(2), 1–18. http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/studiadidaktika/article/view/79

Wahyuni, W. (2020). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Tenis Meja Melalui Model Pembelaran Pantulan Bola Ke Dinding Pada Siswa Kelas Ix Smp Pgri 2 Takalar. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952.

Zellatifanny, C. M., & Mudjiyanto, B. (2018). Tipe Penelitian Deskripsi Dalam Ilmu Komunikasi. Diakom : Jurnal Media Dan Komunikasi, 1(2), 83–90. https://doi.org/10.17933/diakom.v1i2.20

Published

2023-12-01

Issue

Section

Articles