Hubungan Konsentrasi Terhadap Ketepatan Smash Bulutangkis pada Klub PB. Jambi Raya

Authors

  • Dendi Putera Lematang Universitas Jambi
  • Mohd. Adrizal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, Universitas Jambi
  • Wawan Junresti Daya Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/sc.v3i2.28110

Keywords:

Konsentrasi, ketepatan, smash,, bulutangkis

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan konsentrasi terhadap ketepatan smash bulu tangkis pada klub PB. Jambi Raya. Penelitian ini merupakan penelitian metode korelasi, dalam penelitian ini menggambarkan tentang hubungan konsentrasi terhadap ketepatan smash bulutangkis pada klub PB. Jambi Raya. Sebagai sumber data dalam penelitian ini adalah atlet dari klub PB. Jambi Raya, yang akan menjelaskan hubungan konsentrasi terhadap ketepatan smash. Populasi yang dipakai dalam penelitian ini berjumlah 20 orang atlet dari PB. Jambi Raya. Berdasarkan hasil tabel output diketahui nilai sig (2. Tailed) antara konsentrasi (X) dan Ketepatan Smash (Y) adalah sebesar 0.001 < dari 0.05 yang berarti terdapat korelasi yang signifikan antara variabel konsentrasi dan ketepatan smash. Selanjutnya di ketahui nilai r hitung untuk hubungan variabel X dan Y sebesar 0.573  > dari r tabel 0.444 maka dapat disimpulkan bahwa ada hubungan konsentrasi terhadap ketepatan  smash bulutangkis pada klub PB. Jambi Raya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad Agus Wahyudi, Taufik Hidayat. 2018. Pengaruh Tingkat Konsentrasi Siswa Terhadap Hasil Belajar Passing Bawah Bola Voli pada Peserta Ekstrakurikuler. Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan: Vol 06, No. 01, Hal 88-93.

Arikunto Suharsimi. 1998. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Gunawan, 2012. Analisis Komponen Fisik Terhadap Kemampuan Smash Pada Permainan Bulu Tangkis Siswa Sma Negeri 2 Sinjai Utara. Universitas Negeri Makassar.

Gustian Uray. 2020. Pentingnya Perhatian dan Konsentrasidalam Menunjang Penampilan Atlet. FKIP: Universitas Tanjung Pura.

Harmono akbar Bayu. 2013. Kontribusi Konsentrasi Terhadap Ketepatan Pukulan Jumping Smash pada Bulu Tangkis.Universitas Negeri Surabaya.

Prabowo Aryan Yudha. 2015. Ketepatan Pukulan Smash Bulu Tangkis Perserta Ekstrakurikuler Bulu Tangkis Putra di SMP Negeri 13 Yogyakarta. FIK: Universitas Negeri Yogyakarta.

Setiawan, Anang, dkk. 2002. Akurasi Smash Forehand Bulu tangkis Dikaitkan dengan Kekuatan Otot Lengan dan Koordinasi Mata-Tangan. Jurnal Maenpo: Jurnal Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi. Vol. 10, No. 01, https://jurnal.unsur.ac.id/Maenpo, (di akses pada Sabtu 16 April 2022).

Widyanto Kurniawan, R.I, dkk. 2020. Kontribusi Konsentrasi terhdap Ketepatan Pukulan Short serve Atlet Bulu tangkis. Jurnal Kesehatan Olahraga: Vol 08, No.03, hal 126 – 131.

Yazid Sidik. 2014. Hubungan Konsentrasi dengan Hasil Pukulan Jarak Jauh (Long Stroke) pada Konsentrasi Cabang Olahraga WoodBall. Universitas Pendidikan Indonesia.

Zuhri Nursyaifudin Farid, Nurhasan. 2019. Hubungan Antara Tingkat Konsentrasi Siswa dengan Hasil Ketepatan Jumping Smash Bulu tangkis. Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan: Vol 7, No.3, Hal 99-103.

Zuhri Nursyaifudin Farid. 2019. Hubungan Antara Tingkat Konsentrasi Siswa Dengan Ketepatan Jumping Smash Bulu tangkis Studi Pada Peserta Ekstrakurikuler Bulu tangkis di SMP NEGERI 2 SIDOARJO. Fakultas Ilmu Olahraga: Universitas Negeri Surabaya.

Published

2023-12-01

Issue

Section

Articles