Minat Siswa Mengikuti Pembelajaran Penjas di SMP Negeri 7 Muaro Jambi

Authors

  • Erik Ahmat Gustiawan Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, Universitas Jambi
  • Bangkit Yudho Prabowo Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/sc.v3i2.27562

Keywords:

Minat siswa, pembelajaran Penjas

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mendalam untuk memahami minat siswa terhadap pembelajaran praktik Penjas di SMP Negeri 7 Muaro Jambi. Konteks penelitian ini berkaitan erat dengan pengenalan pembelajaran praktik Penjas sebagai bagian integral dari kurikulum sekolah. Pembelajaran ini tidak hanya berfokus pada aspek fisik, tetapi juga memainkan peran penting dalam pengembangan aspek sosial dan mental siswa. Penelitian ini menjadi relevan mengingat pentingnya memahami faktor-faktor yang dapat memengaruhi minat siswa terhadap kegiatan pembelajaran ini. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif pendekatan kuantitatif yakni mendiskripsikan mengenai minat siswa dalam mengikuti pembelajaran praktik Penjas. Sampel dalam penelitian sampel yang diambil hanya siswa kelas VIII A dan kelas VIII B. Hasil penelitian dari dimensi Intrinsik dalam kategori tinggi sebanyak 32 orang dengan persentase 53%, kategori sangat tinggi sebanyak 28 orang dengan persentase 47%, minat siswa mengikuti pembelajaran Praktik Penjas dimensi ekstrinsik pada kategori cukup sebanyak 1 orang dengan persentase 2%, kategori tinggi sebanyak 34 orang dengan persentase 57%, kategori sangat tinggi sebanyak 25 orang dengan persentase 42%, minat siswa mengikuti pembelajaran praktik Penjas pada kategori tinggi sebanyak 35 orang dengan persentase 58%, kategori sangat tinggi sebanyak 25 orang dengan persentase 42%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat dua faktor yang mempengaruhi minat siswa mengikuti pembelajaran praktek Penjas Pada SMP Negeri 7 Muaro Jambi yaitu faktor dari dalam dan faktor dari luar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aditya, R., & Nugroho, A. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Menggiring Bolapada Permainan Sepakbola Melalui Pendekatan Bermain Pada Siswasekolah Dasar. Jurnal Ilmiah STOK Bina Guna Medan.

Ghozali, Imam. (2011). Aplikasi Analisis Multivariat Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gunawan. (2019). Survei Minat Siswa Mengikuti Pembelajaran Penjas Pada Sma Negeri 22 Gowa.Doctoral Dissertation, Universitas Negeri Makassar.

Harahap, A. A., & Sinulingga, A. (2021). Model Pembelajaran Pencak Silat Berbasis Android. Jurnal Olahraga Dan Kesehatan Indonesia.

Hilaliyah, Hilda. (2015). Pengaruh Persepsi Mahasiswa Atas Bahasa Indonesia Dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia.Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan 2 (2): 119.

Hurlock, Elizabeth B. (1993). Psikologi Perkembangan: Suatu pendekatan sepanjang rentang kehidupan (edisi kelima). Jakarta: Erlangga.

Ibnu, D., Nasution, N. S., & Kurniawan, F. (2021). Survei Self Confidence Servis Bawah Dalam Pembelajaran Bola Voli Pada Siswa Smpn 2 Jayakerta. Jurnal Literasi Olahraga, 2(1), 28–37.

Indrawati, dkk. (2009). Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan untuk Guru SD. Jakarta: PPPPTK IPA

Keliat, P., Lubis, A. E., & Helmi, B. (2019). Profil Tingkat Kebugaran Jasmani Dan kecukupan Gizi. Jurnal Ilmiah STOK Bina Guna Medan.

Killis, John. (1988.) Hubungan Minat Kerja, Motivasi Ekstrinsik dan Bimbingan dalam Pelajaran dengan Kecakapan Kerja Teknik Listrik Lulusan STM pada Industri-industri DIY. Tesis. Jakarta: Fakultas Pasca Sarjana IKIP Jakarta.

Lubis, A. E., Nugroho, A., Almunawar, A., & Syaleh, M. (2020). Survei Jenis Gangguan Dan Kecelakaan Fisik Pada Pembelajaran Penjaskes Di Sekolah. Prosiding seminar Nasional Hasil Pengabdian, 3(1), 670–675.

Muslim, M., Nawir, N., & Jalal, D. (2020). Hubungan Kematangan Psikologis Dan lama Latihan Terhadap Prestasi Atlet Olahraga Bela Diri. Jurnal OlahragaDan Kesehatan Indonesia, 1(1 SE-Articles).

Nini Subini. 2012. Psikologi Pembelajaran. Yogyakarta: Mentari Pustaka.

Nugroho, A., & Lubis, A. E. (2021). Model Estafet Games pada Pembelajaran Pendidikan Jasmani untuk Siswa Tunagrahita. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha.

Pakaya, R., Badu, F. D., & Maliki, L. I. (2020). Hubungan Aktivitas Fisik Dan Pola konsumsi Terhadap Insiden Obesitas Sentral. Jurnal Olahraga Dan Kesehatan Indonesia.

Rahayu, Ega Trisna. 2013. Strategi Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Bandung: Alfabeta.

Rauf, A. (2019). Pendidikan Jasmani Dan Olahraga Universitas Negeri Makassar.

Santos, H. A. Dos, & Hudain, A. (2020). Efektifitas Model Pembelajaran Berbasis permainan Untuk Pengembangan Kebugaran Jasmani. Jurnal Olahraga Dan Kesehatan Indonesia.

Setiawan, D., & Soraya, I. M. (2020). Hubungan Kesehatan Mental, Minat Belajar, dan Kompetensi Mengajar Terhadap Hasil Belajar Olahraga Senam. Jurnal Olahraga Dan Kesehatan Indonesia.

Simbolon, N. (2014). Faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar peserta didik. Elementary school journal pgsd fipUnimed, 1(2), 14-19.

Slameto. (2010) Belajar dan faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Sugiyono (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung:

Alfabeta.

Sugiyono, (2012) Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Published

2023-12-01

Issue

Section

Articles