Minat Siswa Sekolah Dasar Negeri 63/X Nibung Putih Terhadap Pembelajaran Praktik Olahraga Bola Voli

Authors

  • Novelita Ayu Lestari Universitas Jambi
  • Ilham Ilham Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, Universitas Jambi
  • Angrawan Janur Putra Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/sc.v3i2.25348

Keywords:

Interest in Learning the Practice of Volleyball Sports

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menilai minat siswa kelas tinggi dalam mengikuti pembelajaran praktik olahraga Bola Voli di SDN 63/X Nibung Putih. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, yang bertujuan mendeskripsikan minat siswa kelas tinggi terhadap praktik olahraga bola voli di SDN 63/X Nibung Putih. Metode survei digunakan dalam penelitian ini, dengan pengumpulan data menggunakan instrumen berupa angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari total siswa kelas tinggi yang terlibat dalam pembelajaran praktik olahraga bola voli di SDN 63/X Nibung Putih, 15% atau 12 orang memiliki minat cukup, sementara 85% atau 66 orang menunjukkan minat tinggi. Dengan demikian, kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa minat siswa kelas tinggi dalam mengikuti praktik olahraga bola voli di SDN 63/X Nibung Putih dapat dikategorikan sebagai tinggi. Temuan ini memberikan gambaran positif tentang sejauh mana siswa tertarik dan terlibat dalam kegiatan pembelajaran praktik olahraga bola voli di sekolah tersebut. Analisis minat siswa ini dapat memberikan wawasan yang berguna untuk perbaikan dan pengembangan strategi pembelajaran olahraga di lingkungan sekolah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: RinekaCipta.

Sugiyono, 2018, Metoodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Alfabeta, Bandung

Hidayat, Witono. 2017. Buku Pintar Bola Voli. Jakarta:Tim Anugrah

Subini, Nini dkk. 2012. Psikologi Pembelajaran. Mentari Pustaka: Yogyakarta.

Sugiyono. 2015“Metode Penelitian Manajemen†Edisi Keempat. Alfabeta. Bandung.

Sugiyono, 2018, Metoodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Alfabeta, Bandung

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono (2015:148-193). Metode Pengumpulan Data & Instrumen Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV ALFABETA.

Sumadi Suryabrata. (2007). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Published

2023-12-01

Issue

Section

Articles