Motivasi Siswa Mengikuti Pembelajaran Praktik Atletik di SMA Negeri 4 Tanjung Jabung Timur
DOI:
https://doi.org/10.22437/sc.v3i1.24645Keywords:
Motivasi, Pembelajaran praktik , AtletikAbstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui motivasi siswa mengikuti pembelajaran praktik Atletik di SMA Negeri 4 Tanjung Jabung Timur. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif menggunakan metode survey dengan teknik tes pengukuran menggunakan rumus persentase. Populasi dalam penelitian ini adalah Siswa kelas XII SMA Negeri 4 Tanjung Jabung Timur berjumlah 118 siswa teknik pengambilan sampel menggunakan rumus simple random sampling dengan 25% dari jumlah populasi sehingga dapat sampel yaitu 30 siswa. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan angket terdiri 40 pernyataan, yang terdiri 20 pernyataan motivasi dari dalam dan 20 pernyataan motivasi dari luar yang masing-masing 30 pernyataan positif dan 10 pernyataan negatif. Hasil penelitian berdasarkan survei motivasi siswa mengikuti pembelajaran praktik Atletik di SMA Negeri 4 Tanjung Jabung Timur secara keseluruhan untuk persentase sangat tinggi 0%, Tinggi 13,3% dengan jumlah 4 siswa, sedang 60% dengan jumlah 18 siswa, kurang 26,7% dengan jumlah 8 siswa, dan sangat rendah 0%. Untuk motivasi siswa mengikuti pembelajaran praktik atletik faktor dari dalam dikategorikan kurang dengan persentasi 53,3%, dan faktor dari luar dikategorikan sedang dengan persentase 46,7%. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa motivasi siswa mengikuti pembelajaran praktik atletik di SMA Negeri 4 Tanjung Jabung Timur secara keseluruhan dikategorikan sedang dengan persentase 60%.
Downloads
References
Anitah, S. (2017). Strategi pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka, 1-12.
Anung, H. (2019). Mengenal Olahraga Atletik. Sleman: Sentra Edukasi Media.
Arikunto, S. (2018). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi 3). Solo: PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.
Baseman, Anisa dan Syamsu Mappa. 2013. Teori Belajar Orang Dewasa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Diklat Keagamaan, 11(1), 33-41.
Damanik, R. (2020). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Berprestasi Mahasiswa. Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan, 9(1), 51-55.
Edi Mulyono (2019). Super Motivasi. Yogyakarta: Tiga Ananda.
Emda, A. (2018). Kedudukan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran. Lantanida journal, 5(2), 172-182.
Firmansyah, D. (2022). Teknik Pengambilan Sampel Umum dalam Metodologi Penelitian: Literature Review. Jurnal Ilmiah Pendidikan Holistik (JIPH), 1(2), 85-114.
Ginting, R. R. (2021). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Lompat Jauh melalui Media Audio Visual pada Siswa V SDN 101967 Petumbukan Tahun Ajaran 2021/2022. JOSEPHA: Journal of Sport Science And Physical Education, 2(2), 38-48.
Husdarta dan Nurlan Kusmedi. 2014. Pertumbuhan Perkembangan Peserta Didik (Olahraga dan Kesehatan). Bandung: Alfabeta.
Ibda, H. (2022). Belajar dan Pembelajaran Sekolah Dasar: Fenomena, Teori, dan Implementasi. CV. Pilar Nusantara.
Irianto, T. (2020). Olahraga Pendidikan. Bandung: CV Titian Ilmu.
Jauhary, Hadziq. 2019. Membangun Motivasi. Tangerang: Loka Aksara.
Muhammad, M. (2017). Pengaruh motivasi dalam pembelajaran. Lantanida Journal, 4(2), 87-97.
Nurlan, F. (2019). Metodologi penelitian kuantitatif. CV. Pilar Nusantara.
Octavia, Shilpy A, 2020. Motivasi Belajar Dalam Perkembangan Remaja. Yogyakarta: Deepublish.
Rumhadi, T. (2017). Urgensi Motivasi dalam Proses Pembelajaran. Inovasi-Jurnal Diklat Keagamaan, 11(1), 33-41.
Saputra, H. D., Ismet, F., & Andrizal, A. (2018). Pengaruh motivasi terhadap hasil belajar siswa SMK. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 18(1), 25-30.
Sudibyo, E., Jatmiko, B., & Widodo, W. (2016). Pengembangan instrumen motivasi belajar fisika: angket. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 1(1), 13-21.
Sukendro, S., & Yuliawan, E. (2019). Dasar-Dasar Atletik.