Hubungan peran guru Penjaskes dan orangtua terhadap motivasi belajar Praktek Penjaskes siswa Sekolah Dasar
Keywords:
 Guru, , Orangtua, , Motivasi, Penjas, , Sekolah DasarAbstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan peran guru penjaskes dan orangtua terhadap motivasi belajar praktek Penjaskes siswa kelas V Sekolah Dasar di Kecamatan Muara Tembesi. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional, yang hendak menyelidiki ada tidaknya hubungan antara variabel bebas dengan variabel terikat. yang menjadi variabel bebas dalam penelitian ini adalah Peran guru dan orangtua (X) sedangkan variabel terikatnya adalah motivasi belajar praktek penjaskes (Y). jumlah sampel adalah 86 orang anak, dikarenakan populasi lebih dari 100 maka sampel dalam penelitian ini di ambil 15% dari 571 anak yang berjumlah 86 siswa. Berdasarkan hasi analisis data Dari perhitungan hasil analisis data peran guru Penjaskes dan orangtua terhadap motivasi belajar praktek penjaskes diketahui R Hitung = 0,8980, > Rtabel Sehingga diketahui bahwa terdapat hubungan peran guru Penjaskes dan orangtua terhadap motivasi belajar Praktek Penjaskes siswa kelas V Sekolah Dasar di Kecamatan Muara Tembesi. Dapat di simpulkan bahwa terdapat hubungan peran guru Penjaskes dan orangtua terhadap motivasi belajar Praktek Penjaskes siswa kelas V Sekolah Dasar di Kecamatan Muara Tembesi.
Downloads
References
Adisusilo, Sutarjo, 2013. Pembelajaran Nilai Karakter, Jakarta: PT Raja Grafindo
Ahmadi, 2004. Psikologi Perkembangan, Jakarta: PT Rineka Cipta
Arifin. 2007. Hubungan timbale balik pendidikan di lingkungan sekolah dan keluarga. Bulan Bintang jakarta
Arikunto 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta
Barry, 2004. Kamus Ilmiah Populer. Jakarta. Apolo
Gunawan, 2013. Konsep dan Implementasi pendidikan Karakter. Bandung Alfabeta
Hamalik 2002. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
-----------, 2011. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
-----------. 2005. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Hasanuddin . 2004. Cakrawala Kuliah Pendidikan. Surabaya.
Hasbullah, 2011. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta : Rajawali Pers
Iskandar. 2008. Metodologi Penelitian Pendidikan dan sosial (Kuantitatif dan Kualitatif) Jakarta. GP Press
Kunandar, 2011. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru.
Mudjiono. 2002. Motivasi Kepemimpinan. Jakarta
Mulyasa. 2009. Standar Kopetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung PT. Remaja Rosdakarya
Munar, H., & Yuliawan, E. (2020). Upaya Meningkatkan Hasil Pembelajaran Gerak Dasar Lompat Melalui Pendekatan Bermain Lompat Lingkar Berwarna:(Efforts to Improve Learning Basic Learning Outcomes Through Approach to Playing Colored Levels). Indonesian Journal of Sport Science and Coaching, 2(1), 1-12.
Nala, 1992. Prinsip Pelatihan Fisik Olahraga. Bali Udayana University Press.
Purwanto. 2009. Evaluasi Hasil Belajar.Jakarta: Rineka Cipta
Sardiman, 2001. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.
Shaulun, 2002. Peran orangtua terhadap pemecahan problem remaja. Jakarta. Kalam Mulia
Siti Fatimah. 2019. Peran Guru PAI Dalam Menanamkan Akhlakul Karimah Peserta Didik Di Smpn 1 Sukadana Lampung-Timur Tahun Pelajaran. 2018/2019.
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Sri Tatminingsih. 2017. Peran Pendidik (Guru Dan Orang Tua) Dalam Pembentukan Karakter Anak Usia Dini.
Sudjana, 2005. Metode Statistika. Bandung Tarsito
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Manajemen, Bandung
Sumantri. 2001. Pembaharuan pendidikan. Bandung Rosdakarya
Suyadi, 2010. Pskologi Belajar Anak. Edisi I. Jakarta. Pernanda Media Group
Usman, 2005. Metodologi Penelitian Sosial dan Ekonomi. Bandung : Alfabeta
Winarsunu. 2012. Statistik dalam Penelitian Pskologi dan Pendidikan. Malang. UMM Press
Yanuarius Jack Damsy. 2019. Peran Orang Tua Dan Guru Dalam Mengatasi Sikap Dan Perilaku Menyimpang Anak
Zakiyah. 2012. Kesehatan Mental. Bandung. Bulan Bintang