Minat Masyarakat Kelurahan Sungai Asam Berolahraga Selama Pandemi Covid-19 di KONI Jambi

Authors

  • Yusradinafi Yusradinafi Universitas Jambi
  • Juan Asario Altari Hutabarat Universitas Jambi
  • Graffite Dechline Universitas Jambi

Keywords:

Minat, Masyarakat, Olahraga, Covid-19

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana minat masyarakat kelurahan Sungai Asam Berolahraga selama pandemic covid-19 di KONI Jambi. Jenis  penelitian ini termasuk penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode survei, Adapun teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan Sampling Insidental sebanyak 50 responden yang terdiri dari 10 Rukun Tetangga. Berdasarkan hasil penelitian, minat masyarakat Kelurahan Sungai Asam berolahraga selama Pandemi Covid-19 di KONI Jambi sebesar 24% termasuk dalam kriteria sangat tinggi, 64% termasuk dalam kriteria tinggi, 6% termasuk dalam kriteria sedang, dan 6% termasuk dalam kriteria rendah. Dengan demikian menunjukkan bahwa secara umum minat masyarakat Kelurahan Sungai Asam berolahraga selama Pandemi Covid-19 di KONI Jambi termasuk dalam kriteria tinggi yakni sebesar 64%. Kesimpulan penelitian ini yaitu bahwa minat masyarakat Kelurahan Sungai Asam berolahraga selama pandemi Covid-19 di KONI Jambi berada dalam kriteria tinggi yakni sebesar 64%. Berdasarkan usia termasuk dalam kriteria tinggi yakni sebanyak 32 responden dengan sebagian besar berusia 16-20 tahun sebanyak 14 orang. Berdasarkan jenis kelamin terdapat 20 responden pria yang berada pada kategori tinggi yang didominasi oleh kalangan remaja dan berjenis kelamin pria.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Apriyani, R., Nugraha, U., & Yuliawan, E. (2022). MINAT SISWA TERADAP MATA PELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI KELAS X SMA NEGERI 12 KOTA JAMBI PADA MASA NEW NORMAL. Journal of SPORT (Sport, Physical Education, Organization, Recreation, and Training), 6(1).

Bule, J & Doni. 2020. Perbedaan Latihan Passing Target dan Rangkaian Latihan Passing terhadap Kemampuan Passing Bawah Atlet Bola Voli SMAN 8 Padang. Jurnal Performa Olahraga 5(1), 26-31. http://di.org/10.24036/jpol 136019

Damayanti Silvia dan Noordia Anna. 2021. Analisis Minat Masyarakat Dalam Melakukan Olahraga Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Kesehatan Olahraga Vol. 09. No. 03, September 2021, Hal 1 – 10.

Dalyono, M. 2010. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta..

Damayanti Silvia dan Noordia Anna. 2021. Analisis Minat Masyarakat Dalam Melakukan Olahraga Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Kesehatan Olahraga Vol. 09. No. 03, September 2021, Hal 1 – 10.

Faridah Eva. 2017. Minat Olahraga Renang Pada Siswa Sekolah Menengah Atas Negeri (Sman) Se Kabupaten Semarang. Universitas Negeri Medan..

Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang

Husdarta. 2010. Psikologi Olahraga. Bandung: Alfabeta

Ikram Muh. 2020. Survei Minat Berolahraga Bola Voli Siswa Smp Negeri 8 Kota Makassar. Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Makassar.

Indricha Meylis. 2019. Survei Minat Olahraga Pengunjung Car Free Day Boulevard Makassar. Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Makassar.

Muhadir. 2019. Survei Minat Berolahraga Masyarakat Kota Makassar di Taman Pakui Sayang. Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Makassar.

Nandika. I.R. 2020. Minat dan Motivasi Pengunjung dalam Berolahraga di GOR Tri Lomba Juang. Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Semarang.

Downloads

Published

2022-12-01

Issue

Section

Articles