Upaya Meningkatkan Keterampilan Lompat Jauh Gaya Jongkok pada Pembelajaran Atletik Melalui Permainan Pada Siswa SMP
DOI:
https://doi.org/10.22437/jp.v1i2.17156Keywords:
Lompat jauh gaya jongkok, permainanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan keterampilanlompat jauh gaya jongkok pada pembelajaran atletik pada siswa kelas VII B SMP Negeri 19 Tanjab Timur melalui permainan. meningkatnya hasil belajar dapat diukur dari hasil yang diperoleh dari siklus I dan siklus II.Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) dengan kolaborasi antara peneliti dan guru. Model yang digunakan adalah permainan katak dan bangau, permainan lompat tali formasi bintang dan permainan melompati 2 tali.Hasil penelitian ini menunjukkan proses belajar-mengajar lompat jauh meningkat dari siklus I dan siklus II, Terbukti pada nilai rata-rata siswa pada siklus I yaitu sebesar 72,91 dan persentase ketuntasan sebesar 70,37%. Namun, hasil tersebut masih belum mencapai target yang ditetapkan sebelumnya. Kemudian setelah melanjutkan ke siklus II nilai rata-rata kemampuan lompat jauh siswa kembali mengalami peningkatan sebesar 79,87 dengan persentase ketuntasan sebesar 88,90%. Hal tersebut menunjukkan bahwa target yang telah ditetapkan sebelumnya sudah tercapai sehingga penelitian dihentikan pada siklus II. Lompat jauh siswa meningkat ditandai dengan siswa tuntas KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) yaitu 65. Berdasarkan hasil analisis data dapat dikatakan bahwa menggunakan pendekatan permainan dapat memberikan peningkatan terhadap hasil pembelajaran lompat jauh gaya ortodok dalam nomor atletik pada siswa kelas VII B SMP Negeri 19 Tanjab Timur