Analisis Kebutuhan Pengembangan Materi Keterampilan Mengajar Berbasis Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Pada Mahasiswa FKIP Universitas Jambi

Main Article Content

Panut Setiono
Imam Suwardi Wibowo

Abstract

Guru kompeten adalah guru yang memiliki kemampuan, keterampilan dan kompetensi dalam melaksanakan praktik pendidikan, terutama di dalam kelas. Kegiatan ini wajib dilakukan oleh guru dalam mengembangkan seluruh aspek yang dimiliki oleh peserta didik. Tujuan penelitian yang dilakukan adalah untuk menganalisis kebutuhan pengembangan materi keterampilan mengajar berbasis Problem Based Learning untuk meningkatkan kompetensi pedagogik pada mahasiswa FKIP Universitas Jambi. Salah satu langkah dalam prosedur penelitian dan pengembangan 4D yang digunakan untuk mengembangkan pengembangan materi keterampilan mengajar berbasis Problem Based Learning untuk meningkatkan kompetensi pedagogik pada mahasiswa FKIP Universitas Jambi ini adalah tahap pendefinisian (define). Dari hasil penelitian diperoleh bahwa: Pertama, produk yang dihasilkan selama ini belum terarah kepada perangkat pembelajaran yang menarik dalam format yang baku dan utuh; Kedua, Konsistensi dan standar dalam menghasilkan perangkat pembelajaran yang menjadi patokan sangat dirasakan perlu dalam menunjang keselarasan dan kesesuaian untuk pencapaian kompetensi yang diinginkan dan Ketiga, kebutuhan format dan desain dari perangkat pembelajaran yang baku dan spesifik. Dalam perkembangan selanjutnya model desain perangkat pembelajaran akan diujikan dalam kelompok kecil yang akan dijadikan informasi dalam perbaikan dan analisis kekurangan terhadap produk yang dihasilkan

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Setiono, P., & Wibowo, I. S. (2019). Analisis Kebutuhan Pengembangan Materi Keterampilan Mengajar Berbasis Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Pada Mahasiswa FKIP Universitas Jambi. Pena : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 9(1), 85-98. Retrieved from https://online-journal.unja.ac.id/pena/article/view/7047
Section
Artikel