Pendidikan Karakter Siswa melalui Cerita Fantasi dalam Buku Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas VII Edisi Revisi 2017

Main Article Content

Abstract

Karya sastra di sekolah dapat dijadikan sebagai salah satu sarana pembentukan dan penguatan pendidikan karakter siswa. Melalui materi cerita fantasi, pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia pada tingkat SMP/MTs dapat berperan sebagai alat untuk membentuk dan menguatkan pendidikan karakter pada diri siswa. Oleh karena itu, berbagai penelitian tentang pembelajaran sastra di tingkat SMP/MTs, khususnya cerita fantasi yang dapat membentuk pendidikan karakter perlu dilakukan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Data primer dalam penelitian ini adalah dua cerita fantasi berjudul “Kekuatan Ekor Biru Nataga†karya Ugi Agustono  dan “Berlian Tiga Warna†oleh Fanisa Miftah Riani dalam buku siswa kelas SMP/MTs berjudul Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas VII Edisi Revisi. Melalui unsur tema dan amanat dalam dua cerita fantasi di atas, diharapkan siswa memiliki watak dan perilaku yang positif dalam berinteraksi antarmanusia serta rasa nasionalisme terhadap tanah air. Berdasarkan hasil penelitian, teridentifikasi bahwa unsur intrinsik, yakni tema dan amanat pada cerita fantasi dapat dijadikan sebagai sarana utama untuk pembentukan pendidikan karakter yang positif pada diri siswa

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Pendidikan Karakter Siswa melalui Cerita Fantasi dalam Buku Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas VII Edisi Revisi 2017. (2019). Pena : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 8(1), 8-22. Retrieved from https://online-journal.unja.ac.id/pena/article/view/6469
Section
Vol 8 No. 1 Desember 2018 Pena: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia