Kesalahan Berbahasa Indonesia Tataran Fonologi, Sintaksis, dan Morfologi pada Proposal Kegiatan Ormawa

Main Article Content

Khaafidhatul Kalaamiyah
Markhamah Markhamah

Abstract

Tujuan penulisan penelitian ini untuk mengetahui kesalahan berbahasa Indonesia dan perbaikannya dalam proposal kegiatan ormawa di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Analisis data menggunakan model interaktif. Hasil penelitian menunjukkan terdapat beberapa kesalahan berbahasa Indonesia, yaitu (1) kesalahan bebahasa pada tataran fonologi, (2) sintaksis, dan (3) fonologi. Hasil penelitian ini diharapakan menjadi bahan referensi agar penggunaan bahasa Indonesia lebih diperhatikan dalam penulisan proposal kegiatan ormawa. 

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Kalaamiyah, K., & Markhamah, M. (2023). Kesalahan Berbahasa Indonesia Tataran Fonologi, Sintaksis, dan Morfologi pada Proposal Kegiatan Ormawa. Pena : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 13(1), 11-22. https://doi.org/10.22437/pena.v13i1.26983
Section
Vol 13 No 1 Juli 2023 Pena: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra

References

Amalia, A. D., & Markhamah, M. (2021). Kesalahan Berbahasa dalam Bidang Sintaksis Pada Siswa Kelas VII Narathiwat, Thailand. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha, 11(1), 1-8.

Amalia, F. R., Wati, M., Puspitasari, N., & Mulawarman, U. (2021). Sistem Monitoring Anggran Kegiatan Organisasi Kemahasiswaan. J. Rekayasa Teknol. Inf, 9(1), 39-46.

Amin, M. F., & Suyanto, S. (2017). Analisis Kesalahan Berbahasa dalam Penulisan Surat Undangan Organisasi Kemahasiswaan di Fakultas Ilmu Budaya Universitas Diponegoro. Nusa: Jurnal Ilmu Bahasa dan Sastra, 12(2), 34-41.

Astuti, S. P. (2020). Analisis Kesalahan Berbahasa Tataran Fonologi dan Morfologi Pada penulisan Teks Eksplanasi Siswa Kelas VIII SMP PGRI 4 Cimahi. Parole: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(1), 21-30.

Ayudia, A., Suryanto, E., & Waluyo, B. (2017). Analisis Kesalahan Penggunaan Bahasa Indonesia dalam Laporan Hasil Observasi pada Siswa SMP. Basastra, 4(1), 34-49.

Darwati, Endang & Yessi Fitriani. (2019). Analisis Kesalahan Penggunaan Bahasa Indonesia dalam Laporan Hasil Observasi pada Siswa SMA. Jurnal Pembahsi (Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia), 9(1), 24-31.

Diyasa, I. G. S. M., Nadhira, F., Ardianto, T., & Mumtaz, A. N. (2020). Pemilihan Kegiatan Organisasi Mahasiswa Menggunakan Algoritma Probabilitas Bayes. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika: JANAPATI, 9(1), 45-54.

Dwigantara. P. D., Setiadi, D., & Humaira, H. W. (2020). Analisis Kesalahan Berbahasa dalam Laporan Pertanggungjawaban OSIS di SMP Negeri 4 Kota Sukabumi. Utile: Jurnal Kependidikan, 6(2), 151-159.

Emelia, T. W., Sari, A. W., & Izar, S. L. (2021). Pkm Pengabdian Mandesain Proposal Kegiatan dalam Bahasa Indonesia Kepada Forum Komunikasi Antar Lembaga Adat Kota Medan. ABDI SABHA (Juranal Pengabdian kepada Masyarakat), 2(3), 63-69.

Gayo, H., & Pratomo Widodo. (2018). An Analysis of Morphological and syntactical errors on the English Writing of Junior High School Indonesia Students. Internasional Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 17(4), 58-70.

Hermawan, A. (2019). Kesalahan Berbahasa dalam Makalah Mahasiswa Progam Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Tingkat II Semester 3 Universitas Nahdlatul Ulama Blitar Tahun 2019. JURNAL PENDIDIKAN: Riset Dan Konseptual, 3(1).

Nisa, F. T., Rahmayantis, M.D., & Sasongko, S. D. (2022). Analisis Kesalahan Berbahasa pada Tabloid Kontan Tataran Morfologi Edisi 19 Juli-25 Juli. Wacana: Jurnal Bahasa, Seni, dan Pengajaran, 6(1), 66-70.

Oktaviani, F., Rohmadi, M., & Purwadi, P. (2018). Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia pada Karangan Eksposisi Siswa Kelas X MIPA (Studi Kasus di SMA Negeri 4 Surakarta). BASASTRA, 6(1), 94-109.

Sasongko, S. D. (2018). Analisis Kesalahan Bahasa pada Proposal Kegiatan Mahasiswa UN PGRI Kediri 2016-2017.

Setyowati, I. D., Sulistiyawati, E., & Cahyaningrum, G. R. (2019). Analisis Kesalahan Berbahasa Tataran Fonologi dalam Laporan Hasil Observasi Siswa. Jurnal Bindo Sastra, 3(1), 1-13.

Syarifuddin, S., Damayanti, R.A., Muis, M., & Pahlevi, C. (2022). Pelatihan Pembuatan Proposal Kegiatan untuk Mendorong Partisipasi Masyarakat di Desa Bontoparang, Kecamatan Mangarabombang, Kabupaten Takalar. JPP IPTEK (Jurnal Pengabdian dan Penerapan IPTEK), 6(1), 61-70.

Yakub, F., & Hossain, M. F. (2018). Morphological Error Analysis of English Written Texts Produced by The Tertiary Level Students of Banglades. _Res. J. Engl. Lang. Literat. (RJELAL), 6(4), 202-218.

Yuniar, Y., Azizah, N., & Irma C. N. (2020). Analisis Kesalahan Berbahasa Penulisan Surat Lamaran Pekerjaan Siswa Al-Huda Bumiayu. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sasatra, dan Pengajarannya, 3(2), 189-196.

Zamri, T., Charlina, C., & Faizah, H. (2021). Kesalahan Fonologi dan Morfologi dalam Debat Capres 2019. JURNAL TUAH: Pendidikan dan Pengajaran Bahasa, 3(1), 76-82.

Zalukhun, M. C., & Zega, U. (2020). Analisis Kesalahan Berbahasa dalam Kegiatan Seminar Proposal Penalitian Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Stkip Nias Selatan Tahun Akademik 2018/2019. Jurnal Education and Development, 8(2), 271-271.