Pengembangan ide inovasi mochi berisi brownies dengan menggunakan proses design thinking

Penulis

  • Nicole Gracia Universitas Internasional Batam
  • Heru Wijayanto Aripradono Universitas Internasional Batam

Kata Kunci:

design thinking, dessert, innovation

Abstrak

Industri dessert menghadapi tantangan inovasi yang terus berkembang, di mana produk-produk yang ada sering kali memiliki kesamaan dalam rasa dan penyajian. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan inovasi produk dessert dengan menggabungkan kue mochi dan brownies, melalui pendekatan Design Thinking. Pendekatan ini melibatkan lima tahap utama: Empathize, Define, Ideate, Prototype, dan Test. Proses dimulai dengan observasi dan wawancara untuk memahami kebutuhan dan preferensi konsumen. Berdasarkan temuan awal, ide kreatif dikembangkan untuk menciptakan produk dessert yang unik, yaitu Mochi Brownies atau "Mownies," yang menggabungkan tekstur kenyal mochi dengan kelembutan brownies. Prototipe produk diuji untuk menilai kualitas rasa, tekstur, dan desain kemasan, dengan umpan balik konsumen digunakan untuk melakukan penyempurnaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Design Thinking efektif dalam menciptakan produk yang sesuai dengan kebutuhan konsumen dan memberikan pengalaman kuliner yang baru. Penelitian ini menyarankan pengembangan produk yang berkelanjutan, peningkatan kualitas dan desain kemasan, serta penerapan strategi pemasaran yang tepat untuk meningkatkan daya saing produk di pasar.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-12-31

Cara Mengutip

Gracia, N. ., & Wijayanto Aripradono, H. . (2024). Pengembangan ide inovasi mochi berisi brownies dengan menggunakan proses design thinking. Jurnal Paradigma Ekonomika, 19(4), 971-981. Diambil dari https://online-journal.unja.ac.id/paradigma/article/view/39871