RELASI SOSIAL, PERAN USAHA, SANKSI DAN SISTEM ONLINE TERHADAP KEPATUHAN PAJAK RESTORAN DI MALANG
Relasi Sosial, Peran Usaha, Sanksi, Sistem Online, Kepatuhan Pajak Restoran
Kata Kunci:
social relationship, business role, sanction, online system, restaurant tax complianceAbstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh relasi sosial, peran usaha, sanksi, dan sistem online terhadap kepatuhan wajib pajak restoran di Kota Malang. Sampel yang digunakan sebanyak 93 wajib pajak. Pengumpulan data dalam penelitian menggunakan kuesioner dengan teknik analisis data regresi linier berganda. Hasil penelitian adalah relasi sosial, fungsi perusahaan, sanksi, dan sistem online semuanya berdampak besar terhadap kepatuhan perpajakan restoran di Kota Malang. Relasi sosial bagi wajib pajak restoran, baik dalam bentuk dukungan sosial maupun berbagi informasi, dapat meningkatkan tingkat kepatuhan pajak. Perusahaan juga berperan aktif dalam menjamin kepatuhan pajak wajib pajak restoran. Sanksi administratif dan pidana berperan besar dalam meningkatkan kepatuhan wajib pajak restoran. kemudahan akses melalui metode pembayaran online juga berperan penting dalam meningkatkan kepatuhan pajak. Dalam rangka meningkatkan kepatuhan pajak restoran di Kota Malang, inisiatif yang membangun interaksi sosial, peran dunia usaha, menerapkan sanksi yang sesuai, dan meningkatkan aksesibilitas melalui platform online dapat dikembangkan dan diimplementasikan.Unduhan
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Adrian Junaidar Handayanto, Sukarno Himawan Wibisono, Ahmad Mukoffi, As’adi As’adi, Hermi Sularsih, Sartina Handayani
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.