RELASI SOSIAL, PERAN USAHA, SANKSI DAN SISTEM ONLINE TERHADAP KEPATUHAN PAJAK RESTORAN DI MALANG

Relasi Sosial, Peran Usaha, Sanksi, Sistem Online, Kepatuhan Pajak Restoran

Penulis

  • Adrian Junaidar Handayanto Prodi Akuntansi, Universitas Tribhuwana Tunggadewi, Jawa Timur
  • Sukarno Himawan Wibisono Prodi Akuntansi, Universitas Tribhuwana Tunggadewi, Jawa Timur
  • Ahmad Mukoffi Universitas Tribhuwana Tunggadewi, Jawa Timur
  • As’adi As’adi Universitas Tribhuwana Tunggadewi, Jawa Timur
  • Hermi Sularsih Universitas Tribhuwana Tunggadewi, Jawa Timur
  • Sartina Handayani Universitas Tribhuwana Tunggadewi, Jawa Timur

Kata Kunci:

social relationship, business role, sanction, online system, restaurant tax compliance

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh relasi sosial, peran usaha, sanksi, dan sistem online terhadap kepatuhan wajib pajak restoran di Kota Malang. Sampel yang digunakan sebanyak 93 wajib pajak. Pengumpulan data dalam penelitian menggunakan kuesioner dengan teknik analisis data regresi linier berganda. Hasil penelitian adalah relasi sosial, fungsi perusahaan, sanksi, dan sistem online semuanya berdampak besar terhadap kepatuhan perpajakan restoran di Kota Malang. Relasi sosial bagi wajib pajak restoran, baik dalam bentuk dukungan sosial maupun berbagi informasi, dapat meningkatkan tingkat kepatuhan pajak. Perusahaan juga berperan aktif dalam menjamin kepatuhan pajak wajib pajak restoran. Sanksi administratif dan pidana berperan besar dalam meningkatkan kepatuhan wajib pajak restoran. kemudahan akses melalui metode pembayaran online juga berperan penting dalam meningkatkan kepatuhan pajak. Dalam rangka meningkatkan kepatuhan pajak restoran di Kota Malang, inisiatif yang membangun interaksi sosial, peran dunia usaha, menerapkan sanksi yang sesuai, dan meningkatkan aksesibilitas melalui platform online dapat dikembangkan dan diimplementasikan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-12-28

Cara Mengutip

Handayanto, A. J. ., Wibisono, S. H. ., Mukoffi, A. ., As’adi, A., Sularsih, H. ., & Handayani, S. . (2024). RELASI SOSIAL, PERAN USAHA, SANKSI DAN SISTEM ONLINE TERHADAP KEPATUHAN PAJAK RESTORAN DI MALANG: Relasi Sosial, Peran Usaha, Sanksi, Sistem Online, Kepatuhan Pajak Restoran. Jurnal Paradigma Ekonomika, 19(4), 931-940. Diambil dari https://online-journal.unja.ac.id/paradigma/article/view/37799