Analisis Strategi Pemasaran Pembiayaan Murabahah Pada Produk KPR Hijrah Dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah

Penulis

  • Reni Ilma Sari Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Tuti Anggraini Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Mawaddah Irham Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Kata Kunci:

marketing strategy, murabahah financing, customers

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran pembiayaan murabahah pada produk KPR Hijrah dalam meningkatkan jumlah nasabah. Metode yang digunakan dalam peneitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan cara observasi, wawancara dan dokumen yang terkait penelitian, kemudian data-data itu diklasifikasikan sesuai topik permasalahan yang dibahas. Penelitian ini mengungkapkan kejadian atau fenomena yang terjadi saat penelitian berlangsung di Bank Muamalat KCP Stabat. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pemasaran pada produk KPR Hijrah di Bank Muamalat KCP Stabat sudah sesuai dengan aspek yang telah ditetapkan Bank Muamalat KCP Stabat seperti dilakukannya segmentation, targeting dan positioning. Dimana pada strategi pemasaran ini, Produk KPR yang ditawarkan sudah sesuai dengan strategi 7P yaitu product, price, promotion, place, person, physical evidence untuk mempengaruhi keputusan konsumen agar membeli dan menggunakan produk dan jasa yang ditawarkan. Adapun dalam akad pembiayaan murabahah dalam kepemilikiran rumah KPR Hijrah pada Bank Muamalat KCP Stabat sangat membantu masyarakat dalam memilih produk KPR Hijrah di Bank Muamalat KCP Stabat.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Aeda, N., Variana, Y. U., Singandaru, A. B., Ningsih, S., & Mataram, U. (2022). Akad murabahah dan akad musyarakah mutanaqisah pada pembiayaan kepemilikan rumah di bsi kantor cabang mataram pejanggik 1. 9(2), 187–208.

Aisha, N. (2024). Pengaruh bauran pemasaran terhadap minat beli konsumen pada makanan ringan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Jurnal Riset Manajemen, 2(1).

Anggraini, T. (2015). Lembaga keuangan syariah dan dinamika sosial. FEBI Press.

Arie, M., & Kurniawan, M. (2024). Analisis pengaruh kualitas pelayanan, harga dan promosi terhadap kepuasan pelanggan PT Mitra Bangunan Palembang. JEMSI (Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi), 10(2).

Dahlan, A. (2012). Bank Syariah. Teras.

Lanniza, I., & Anggraini, T. (2021). Analisis strategi pemasaran kredit pembiayaan mitraguna dalam menarik minat nasabah di Bank Syariah Indonesia Ex Bank Syariah Mandiri KCP Stabat. Journal Economy and Currency Study (JECS), 3(2).

Marduwira, E. (2010). Akad istishna dalam pembiayaan rumah pada bank syariah mandiri (studi kasus pada Bank Syariah Mandiri KCP Cinere). Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Martini, D. (2021). Analisis Strategi Pemasaran pembiayaan murabahah pada BRI Syariah KCP Ngawi Skripsi. 3–85. http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/ 13270%0Ahttp://etheses.iainponorogo.ac.id/13270/1/Dwi Martini_Skripsi.pdf

Nasution, M. L. I. (2018). Manajemen Pembiayaan Bank Syariah. Febi Press.

Panjaitan, F., & Soemitra, A. (2021). Analisis pembiayaan dengan prinsip murabahah pada Pt . Bank Sumut syariah cabang medan. 1(2), 162–166.

Putri, A. R., & Muslimah, D. A. (2024). Program akad kredit perumahan rakyat ( KPR ) Bank Konvensional Bersubsidi Pada PT . Unggul Perkasa Propertindo. 3(1).

Rahmah, S., Sahabuddin, R., Musa, M. I., Ruma, Z., & Natsir, U. D. (2023). Pengaruh esensi promosi terhadap keputusan pembelian mobil merek Mitsubishi Xpander Pada Pt. Bosowa Di Kota Makassar. Jurnal Manajemen Dewantara, 7(2).

Riyaldi, R., Aravik, H., & Choirunnisak, C. (2022). Analisis strategi pemasaran pembiayaan murabahah pada Bank Syariah Indonesia (Studi Kasus Bank Syariah Mandiri KC Simpang Patal Palembang). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Perbankan Syariah (JIMPA), 2(2), 377–394. https://doi.org/10.36908/jimpa.v2i2.82

Sugianto. (2015). Lembaga keuangan syariah dan dinamika sosial. FEBI Press.

Sugiyono. (2019). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, R&D. Alfabeta.

Tjiptono, F. (2012). Pemasaran strategik. Andi.

Umiyati, & Leni. (2017). Faktor-faktor yang mempengaruhi pembiayaan pada bank umum syariah devisa di Indonesia. Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 5(1).

Wiroso. (2005). Jual beli murabahah. UII Press.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-06-30

Cara Mengutip

Sari, R. I., Anggraini, T. ., & Irham, M. (2024). Analisis Strategi Pemasaran Pembiayaan Murabahah Pada Produk KPR Hijrah Dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah. Jurnal Paradigma Ekonomika, 19(2), 357-369. Diambil dari https://online-journal.unja.ac.id/paradigma/article/view/36524