Financial Education for Early Childhood at TK Negeri PO-5

Penulis

  • Nur Zarliani Uli Universitas Muhammadiyah Buton
  • Dwi Agustyawati Universitas Muhammadiyah Buton

Kata Kunci:

financial education, early childhood

Abstrak

Edukasi keuangan untuk anak usia dini di TK Negeri PO5 belum diterapkan secara langsung kepada siswa hal ini dikarena orang tua memilih untuk menabungkan anak-anaknya tanpa melibatkan anak tersebut. Padahal pengenalan edukasi keangan seharusnya dimulai sejak dini agar bermanfaat dimasa depan. Edukasi keuangan tidak hanya tentang mengenal ung dan nominalnya tetapi juga tentang mengelola keuangan dan menabung. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat dilakukan di TK Negeri PO-5. Metode yang diguanakan cerama, wawancara dan demonstrasi menggunakan media uang dan celengan. Hasil evalusai menunjukkan bahwa kegiatan pengabdian berjalan dengan baik. Siswa dapat memahami dan mengenali fungsi uang serta dapat mengelola atau menabung uang. Selain itu, siswa juga merasa senang untuk mengikuti kegiatan ini.

Kata Kunci: Edukasi Keuangan, Anak Usia Dini

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Adiandari, A.M. (2023). Penerapan litrasi keuangan. Nas Media Indonesia: Makassar.

Ariyani, Dewi. (2018). Pendidikan Literasi Keuangan Pada Anak Usia Dini Di TK Khalifa Purwokerto. Jurnal Yinyang, 13, 175-190. DOI: https://doi.org/10.24090/yinyang.v13i2.2100

Burairoh, dkk. (2024). Optimalisasi kemampuan literasi keuangan melalui kegiatan menabung pada anak usia 5 – 6 Tahun. 7(1).

DOI:10.31004/aulad.v7i1.632

Dewi, Dkk. (2021). Pembinaan edukasi finansial melalui budaya menabung sejak dini di PAUD UMI Fatimah Kabupaten Rembang. 7(1). https://doi.org/10.20956/pa.v7i1.19258

Lestariningrum, dkk. (2021). Inovasi pembelajaran anak usia dini. Byfa Cendekia Indonesia: Madiun.

Memarista & Kristina. (2023). Peningkatan literasi keuangan anak sejak dini pada sekolah PAUD melati surabaya melalui gamifikasi. Jurnal ABDIMAS BSI. 6(2), 267-268

Mogelea, dkk. (2023). Edukasi menabung dalam meningkatkan literasi finansial anak usia dini di Tk Tunas Muda IKKT Jati Makmur. Jurnal AKSARA: Ilmu Pendidikan Nonformal. 9(2).DOI: http://dx.doi.org/10.37905

Oktaviani, dkk. (2022). Edukasi menumbuhkan literasi finansial pada anak usia dini dimasa Covid-19. Jurnal Abdi Moestopo, 5(2), doi: https://doi.org/10.32509/abdimoestopo.v5i2.1654

Sari & Ida. (2022). Investasi Edukasi Literasi Keuangan Untuk Anak Usia Dini di Indonesia. Jurnal Obsesi. 6(3),doi: 10.31004/obsesi.v6i3.1369

Sejianti, dkk. (2018). Literasi keuangan syariah bagi anak school age (studi kasus pada siswa kelas 2 SD Darul Hikam Bandung). Jurnal Ekonomi dan Keuangan Syariah, 2(2), doi: https://doi.org/10.29313/amwaluna.v2i2.3757

Riza, dkk. (2022). Edukasi literasi keuangan pada anak usia dini. Melalui Gerakan Gemar Menabung. Prosiding Seminar HI-Tech. 1(1).

Wantia, dkk. (2023). Pembiasaan Sikap Bijak dalam Mengelola Uang pada Anak PAUD di Desa Bento Kabupaten Kerinci. Rangguk: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. 3(1).

Windayani, dkk. (2021). Teori dan aplikasi pendidikan anak usia dini. Muhammad Zaini: Aceh.¬

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-03-30

Cara Mengutip

Uli, N. Z., & Agustyawati, D. . (2024). Financial Education for Early Childhood at TK Negeri PO-5. Jurnal Paradigma Ekonomika, 19(1), 125-130. Diambil dari https://online-journal.unja.ac.id/paradigma/article/view/33469