Model Intrapreneurship Leadership pada Kepuasan Stakeholder
Kata Kunci:
intrapreneurship, leadership, satisfaction stakeholder, strategic development security, preventiveAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan kegiatan seksi pengamanan pembangunan strategis di Kejaksaan Tinggi Jambi dalam rangka pengamanan terhadap pekerjaan proyek strategis nasional maupun proyek strategis daerah Provinsi Jambi dan untuk mengetahui pengaruh intrapreneurship, leadership terhadap kepuasan stakeholder (pemohon/pemilik pekerjaan, penyedia jasa, konsultan pengawas, dll) serta fenomena yang terjadi dalam kegiatan tersebut seperti pekerjaan tidak sesuai time schedule, pekerjaan tidak sesuai dengan spesifikasi yang tertuang dalam kontrak, kurangnya mutu pekerjaan karena untuk mengejar progres, dll. Penelitian ini dilakukan untuk periode Tahun 2021, dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif berdasarkan data cross-sectional dan dikumpulkan melalui kuesioner survei. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan Partial Least Square (PLS) dengan jumlah populasi 74 responden yang terdiri dari pemohon kegiatan (kepala, pejabat pembuat komitmen, pejabat pelakana teknis kegiatan), penyedia jasa/rekanan (direktur, manager dan pelaksana lapangan) dan konsultan pengawas (direktur, team leader dan pengawas lapangan). Hasil penelitian intrapreneurship berpengaruh signifikan dan positif terhadap kepuasan stakeholder, selain itu leadership juga berdampak positif dan signifikan terhadap kepuasan stakeholder. Dengan demikian, hasil penelitian ini memberikan wawasan bagaimana intrapreneurship dan leadership dalam hal penggalangan personil dan materil serta koordinasi dengan pihak-pihak terkait pada kegiatan pengamanan pembangunan proyek strategis memberikan dampak positif pada proyek yang dijalankan agar dapat tepat waktu, tepat sasaran, tepat anggaran, dan tepat mutu sehingga dapat memberikan kepuasan stakeholder dan meningkatkan kepercayaan masyarakat dalam rangka upaya pencegahan tindak pidana korupsi menjadi maksimal.
Kata Kunci : Intrapreneurship, Leadership, Kepuasan Stakeholder, Pengamanan Pembangunan Strategis, Preventif.
Unduhan
Referensi
Abdelwaheed, N. A. A., Soomro, B. A., & Shah, N. (2022). Determining employee satisfaction, intrapreneurship, and firm growth among managers of Pakistan. Heliyon Journal, 8, 1-8.
Amir, M. T. (2016). Corporate entrepreneurship & innovation (Cetakan ke-1). Jakarta: Kencana.
Cooper, D. R., & Schindler, P. A. (2017). Metode penelitian bisnis (Buku 1, Edisi 12, Terjemahan R. Wijayanti & G. Gania). Jakarta: Salemba Empat.
Daryani, M. A., & Rezvanfar, A. (2011). A conceptual model of intrapreneurship in the Iranian agriculture extension organization. Journal of European Industrial Training, 35(7), 1-27.
Dewi, N. N., & Wibowo, R. (2019). The effect of leadership, organizational culture, and motivation on employee performance. Management Science Letters Journal, 10, 1-8.
Dhewanto, W. (2013). Intrapreneurship: kewirausahaan korporasi (Cetakan ke-1). Bandung: Rekayasa Sains.
Farooq, M. S., et al. (2017). Impact of service quality on customer satisfaction in Malaysia airlines: A PLS-SEM approach. Journal of Air Transport Management, 67, 1-12.
Handoko, T. H. (2014). Manajemen personalia dan sumberdaya manusia (Cetakan ke-21). Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.
Hisrich, R. D., Peters, M. P., & Shepherd, D. A. (2020). Entrepreneurship (Edisi 7, terjemahan C. Sungkowo & D. Angelica). Jakarta: Salemba Empat.
Kaswan. (2014). Leadership and teamworking. Bandung: Alfabeta.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Manajemen pemasaran (Jilid I). Jakarta: Erlangga.
Mustaqim. (2016). The influence of leadership and motivation of employees' job satisfaction. International Journal of Economics and Finance, 8(10), 1-8.
Nurmansyah, F. I., Amiruddin, & Parman, L. (2020). Fungsi preventif seksi pengamanan pembangunan strategis pada kejaksaan tinggi nusa tenggara barat dalam tindak pidana korupsi. Jurnal Education and Development, 8(1), 1-13.
Özsungur, F. (2020). The effects of ethical leadership on work engagement, intrapreneurship, and service innovation behavior: Sample of chambers of commerce and industry. International Journal of Public Leadership, 16(2), 1-18.
Petunjuk Teknis Jaksa Agung Republik Indonesia Nomor: B-484/D/Dpp/03/2020 tentang Pelaksanaan Pengamanan Pembangunan Strategis.
Peraturan Kejaksaan Nomor 6 Tahun 2019 tentang Perubahan atas Peraturan Jaksa Agung RI No. PER-006/A/JA/07/2017 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kejaksaan Republik Indonesia.
Robbins, S. P., & Judge, T. A. (2017). Perilaku organisasi (Edisi 17, Terjemahan R. Saraswati & F. Sirait). Jakarta: Salemba Empat.
Sayyadi, M. (2019). How effective leadership of knowledge management impacts organizational performance. Journal of Business Information Review, 1-9.
Siagian, S. P. (2004). Manajemen sumber daya manusia. Jakarta: Bumi Aksara.
Sugiyono. (2018). Metode penelitian bisnis (cetakan ke-6). Bandung: Alfabeta.
Sunarta. (2021). Sosialisasi dan fungsi direktorat D (direktorat pengamanan pembangunan strategis). diakses dari https://pji.kejaksaan.go.id/index.php/ home/berita/1506 pada 12 November 2022.
Sutanto, E. M. (2021). Entrepreneurial leadership dalam organisasi. Surabaya: UK Petra. Diakses dari http://repository.petra.ac.id/19038/1/Publikasi1_91022_ 7003.pdf.
Tjiptono, F., & Chandra, G. (2016). Service, quality dan satisfaction (Edisi 4). Yogyakarta: Penerbit ANDI.
Uzir, M. U. A., et al. (2021). The effect of service quality, perceived value and trust in home delivery service personal on customer satisfaction: Evidence from a developing country. Journal of Retailing and Consumer Services, 63, 1-15.
Yukl, G. (2015). Kepemimpinan dalam organisasi (Edisi 7, Terjemahan A. Cahyani). Jakarta: Indeks.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Hertoyo Hartoyo, Fitriaty Fitriaty, Dahmiri Dahmiri
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.