TRANSFORMASI PELAYANAN PUBLIK DIGITAL DI MASA PANDEMI COVID-19 UNTUK MEWUJUDKAN E-GOVERNMENT DI LINGKUNGAN PEMERINTAH DAERAH KOTA JAMBI.

Penulis

  • Hendriyaldi Hendriyaldi Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Jambi
  • Erida Erida Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Jambi
  • Ovie Yanti Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Jambi

Kata Kunci:

transformation, e-government, public service

Abstrak

Pandemi COVID-19 turut mempercepat transformasi virtual di berbagai negara. Perkembangan teknologi semakin canggih. Berbagai inovasi yang bermunculan disetiap instansi pemerintahan sebagai alat pendukung tata kelola pemerintahan sehingga tujuan yang diharapkan tercapai dengan baik. Terwujudnya suatu tata kelola pemerintahan atau birokrasi yang baik (good governance) salah satunya dari hasil kualitas pelayanan publik yang diberikan kepada masyarakat oleh pemerintahnya. Hal ini mempengaruhi aksesibiltas pelayanan publik. Pelayanan secara konvensional yakni dengan bertatap muka secara langsung mulai dibatasi jumlahnya dan selebihnya dibantu oleh sistem secara online. Pelayanan secara online ini merupakan hasil penerapan dari E-Government. Pandemi Covid-19 mau tidak mau membuat birokrasi harus bisa memaksimalkan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi di sektor pemerintah. Hal ini mengingat kebijakan WFH (Work From Home) membuat ruang gerak menjadi terbatas. Untuk itu, pemerintah melakukan transformasi pelayanan publik dari model manual (konvensional) agar dapat diutamakan melalui perangkat elektronik (daring). Sejak pandemi Covid-19, aplikasi dan situs website terus dioptimalkan pemerintahan agar dapat memberikan pelayanan kepada masyarakat

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian observasi. Bentuk pengumpulan data dengan dokumen, observasi dan wawancara mendalam kemudian peneliti menguji kredibilitas dan dilakukan analisis Data meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan penelitian. Rancangan penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Seluruh data didapatkan menggunakan analisis pada berbagai literatur terkait. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa jika ingin mewujudkan sistem e-goverment secara maksimal di Kota Jambi maka diperlukan bersinergi dari berbagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait data yang berada di Pemerintahan Kota Jambi. Sehingga transformasi pemerintah digital ini sangat dirasakan oleh masyarakat, dikarenakan jika pemerintah ingin membangun kembali kepercayaan masyarakat, maka dengan meningkatkan transparansi pemerintah, aksesibilitas, komunikasi, dan kualitas layanan yang dirasakan langsung oleh masyarakat.

 

Kata kunci: Transformasi, E-Government, Pelayanan Publik

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Amelia Tasyah, Puji Ayu Lestari, Anada Syofira, Cintania Ade Rahmayani, Rizka Dwi Cahyani, Novita Tresiana. (2021) Inovasi pelayanan publik berbasis digital (e-government) di Era Pandemi Covid-19, Jurnal Ilmu Administrasi Media Pengembangan Ilmu dan Praktek Administrasi, 18(2), 212-224

Andhika, L. R., Nurasa, H., Karlina, N., & Candradewini, C. (2018). Logic model of governance innovation and public policy in public service. Policy & Governance Review, Policy & Governance Review, 2(2), 85-98.

Bannister, F., & Connolly, R. (2014). ICT, public values and transformative government: A framework and programme for research. Government Information Quarterly, 31(1), 119–128.

Chairudin, moehhamad. Setyowati, K. Guharto, DG. (2017). High performance is not always directly proportional to service quality: a case of one-stop service of sragen. International Journal of Administrative Science & Organization. 24(2).

Gracia, D. B., & Casaló Ariño, L. V. (2015). Rebuilding public trust in government administrations through e-government actions. Revista Española de Investigación de Marketing ESIC, 19(1), 1–11.

Gracia, D. B., & Casaló Ariño, L. V. (2015). Rebuilding public trust in government administrations through e-government actions. Revista Española de Investigación de Marketing ESIC, 19(1), 1–11.

Hendriyaldi. (2019). Revolusi industri 4.0: tantangan dan pluang manjemen sumber daya manusia untuk meningkatkan produktivitas Grand Hotel Jambi. Jurnal Manajemen dan Sains. 4(2).

Hendriyaldi. Musnain. (2021). Analisis pengaruh pelayanan publik dan e-service quality terhadap kepuasan masyarakat di lingkungan pemerintahan Kota Jambi. Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan, 10(1).

Inas Tasya Firdaus. (2021). Transformasi birokrasi digital di masa pandemi Covid-19 untuk mewujudkan digitalisasi pemeritahan Indonesia,4(2).

Indrajit, Richardus Eko. (2002). Electronic government in action. ragam kasus implementasi sukses di berbagai belahan dunia. Andi: Yogyakarta.

Ingrams, A., Manoharan, A., Schmidthuber, L., & Holzer, M. (2020). Stages and determinants of e-governmentdevelopment: a twelve-year longitudinalstudy of global cities. International Public Management Journal, 23(6), 731–789.

Irsan. (2012). Kualitas pelayanan kesehatan pada puskesmas simpur di Bandar Lampung. Tesis. Universitas Lampung: Bandar Lampung.

Jenny Huang, & Karduck, A. (2017). A methodology for digital government transformation. Journal of Economics, Business and Management, 5(6), 246-254

Klaus Schwab. (2017). The fourth industrial revolution, publisher: Penguin; 1st Edition

Knowlton, L. W., & Phillips, C. C. (2013). The logic model guidebook: bett er strategies for great results. SAGE Publications.

Liffler, M., & Tschiesner, A. (2013). The intrnet of things and the future of manufacturing. McKinsey & Company.

Laseau, (1980). dalam Sembiring. (2006). Kategori transformasi.

Navarin, Hendriyaldi, Wahyu. (2020). Analisis kepuasan masyarakat terhadap pelayanan melalui e-service quality di Kota Jambi. Publika: Jurnal Ilmu Administrasi Publik. 6(2).

Sugiyono. (2018). Metode penelitian kombinasi (mixed methods). CV Alfabeta: Bandung.

Suzuki, K., & Demircioglu, M. A. (2019). The association between administrative characteristics and national level innovative activity: Findings from a cross-national study. Public Performance & Management Review, 42(4), 755–782.

Pasolong, Harbani. (2012). Teori administrasi publik. Alfabeta: Yogyakarta.

Wibawa, Samodra. (2009). Administrasi negara; isu-isu kontemporer. Graha Ilmu: Yogyakarta.

Silcock, Rachel. (2001). What is e-government?. Parliamentary affairs, 54(1), 88-101.

Sunaedi, falih dan Wardiyanto, Bintoro. (2010). Revitalisasi Administrasi Negara (Reformasi Birokrasi dan E-Governance. Graha Ilmu: Yogyakarta.

Instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2003 tentang kebijakan dan strategi nasional pengembangan e-government

Torfing, J., & Triantafillou, P. (2016). Enhancing public innovation by transforming public governance. Cambridge University Press.

Vivona, R., Demircioglu, M. A., & Raghavan, A. (2020). Innovation and innovativeness for the public servant of the future: what, why, how, where, and when. The Palgrave Handbook of the Public Servant, June, 1–22. https://doi.org/10.1007/978-3-030-03008-7

Wulansari, A., & Subriadi, A. P. (2017). Developing citizen relationship management (CiRM) Oriented E-Government Maturity Model. IPTEK Journal of Engineering, 3(1), 22–28.

PP Nomor 21 Tahun 2020 tentang pembatasan sosial berskala besar dalam rangka percepatan penanganan corona virus disease (COVID-19)

Surat Edaran menteri pendayagunaan aparatur negara dan reformasi birokrasi (PANRB) Nomor 19 Tahun 2020 tentang penyesuaian sistem kerja aparatur sipil negara dalam upaya pencegahan penyebaran COVID-19 di lingkungan instasi pemerintah

Undang-Undang No 25 Tahun 2009 tentang pelayanan publik

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik

https://www.twilio.com/covid-19-digital-engagement-report di akses 12 Maret 2022

https://www.kemenkeu.go.id/ di akses 10 Maret 2022

https://doi.org/10.1093/pa/54.1.88 di akses 12 Maret 2022

https://www.jambi-independent.co.id/read/2021/12/23/18965/sistem-smart-city-akan-diadopsi di akses 12 Maret 2022

http://transform-org.blogspot.co.id apakah-transformasi-itu.html. diakses pada 12 Maret 2022

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-09-30

Cara Mengutip

Hendriyaldi, H., Erida, E., & Yanti, O. . (2022). TRANSFORMASI PELAYANAN PUBLIK DIGITAL DI MASA PANDEMI COVID-19 UNTUK MEWUJUDKAN E-GOVERNMENT DI LINGKUNGAN PEMERINTAH DAERAH KOTA JAMBI. Jurnal Paradigma Ekonomika, 17(3), 669-682. Diambil dari https://online-journal.unja.ac.id/paradigma/article/view/22868