Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi nasabah memilih bank konvensional dan Bank Syariah di Kota Jambi
DOI:
https://doi.org/10.22437/jpe.v19i1.10166Kata Kunci:
product, promotion, religious, reputation, knowledge, customer service choose the bankAbstrak
AbstrakPenelitianini(1) untuk memperoleh gambaran mengenai karakteristik nasabah memilih Bank Konvesional dan Bank Syariah di Kota Jambi. (2) untuk mengetahui dan menganalisis faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi nasabah memilih pada Bank KonvesionalĀ di Kota Jambi. (3) untuk mengetahui dan menganalisis faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi nasabah memilih pada Bank Bank Syariah di Kota Jambi. Berdasarkan hasil analisis data, (1) Sebagian besar responden nasabah memilih bank konvensional dan bank syaraih yang berpartisipasi dalam penelitian ini adalah berjenis kelamin laki-laki yaitu sebanyak 97 responden atau 64,67%. Dilihat dari pendidan terakhir yang paling banyak yaitu Diploma sebanyak 45 orang atau seesar 30,00%. Status perkawinan yang paling banyak kawin sebanyak 101 responden atau sebesar 67,33%. Karakteristik pendapatan 1.000.000-5.000.000 yaitu sebanyak 63 responden atau sebesar42,00%. Karakteristik lama menjadi nasabah 5-10 tahun yaitu sebanyak 53 responden atau sebesar 35,33%. (2) Berdasarkan hasil penelitian bahwa variabel pengetahuan, religius, reputasi dan pelayanan berpengaruh signifikan terhadap nasabah memilih bank konvensional sedangkan produk dan promosi tidak berpengaruh terhadap nasabah memilih bank konvensional. (3) Berdasarkan hasil penelitian bahwa variabel produk,promosi, religius dan reputasi berpengaruh signifikan terhadap nasabah memilih bank syariah sedangkan pengetahuan dan pelayanan tidak berpengaruh terhadap nasabah memilih bank syariah.
Kata kunci: Produk,Promosi, Religious, Reputasi, Pengetahuan, Pelayanan, Nasabah Memilih Bank
Unduhan
Referensi
Adisaputro, Gunawan. (2010).Manajemen pemasaran (Analisis Untuk Perancangan Strategi Pemasaran), Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN: Yogyakarta.
Chaplin, J.P.(2011). Kamus lengkap psikologi. Rajagrafindo Persada: Jakarta.
Gaffar, Vanessa. (2007). Customer relationship management and marketing public relation. Alfabeta: Bandung.
Gujarati. Damodar. (2003). Economectric. Erlangga. Jakarta.
Hastuti, Dwi, dkk.(2023). Pengantar Bisnis (Manajemen Era Digital & Sustainability). PT. Sonpedia Publishing Indonesia: Jambi
Hastuti, D. ., Edhie Purnawan, M. ., & Sunargo, S. (2019). Pengaruh variabel-variabel di sektor riil dan perbankan terhadap Shock Credit Default Swap (CDS) di Indonesia . E-Journal Perdagangan Industri Dan Moneter, 7(3), 185 - 204. https://doi.org/10.22437/pim.v7i3.13071
Kotler, Philip. (2001). Manajemen pemasaran: analisis, perencanaan, implementasi dan kontrol. PT. Prehallindo: Jakarta:
Kasmir. (2013). Pemasaran Bank. Prenada Media: Jakarta:
Lupiyoadi, Rambat. (2001). Manajemen pemasaran jasa, teori dan praktek. Edisi Pertama. Salemba Empat: Jakarta:
Notoatmodjo, Soekidjo. (2003). Pendidikan dan perilaku kesehatan. Rineka Cipta. Jakarta.
Santoso, Budi. (2006). Bank dan lembaga keuangan lain, Edisi 2, Salemba Empat: Jakarta
Soemitra, Andri. (2009). Bank dan lembaga keuangan syariah, Prenada Media: Jakarta.
Stanton, William J.(2008). Fundamental of marketing. 10 Edition. Mc. Graw-Hill International Edition: New York.
Sumarwan, U. (2014). Perilaku Konsumen Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Ghalia Indonesia: Bogor
Suryani, Tatik. (2013). Perilaku konsumen di era internet. Graha Ilmu: Yogyakarta
Undang-undang Nomor 10 Tahun 1998 tentang Perbankan
Umiyati, E., Amir, A., Haryadi, H., & Zulfanetti, Z. (2019). Determinant of Micro, Small and Medium Enterprises on Carrying Out A Credit Loan in Jambi Province, Jurnal Perspektif Pembiayaan dan Pembangunan Daerah 6 (6), 679-690, DOI: https://doi.org/10.22437/ppd.v6i6.6913
Widarjono, Agus. (2009) Ekonometrika pengantar dan aplikasinya. Edisi Ketiga. Ekonisia: Yogyakarta
Zamzami, Z., & Hastuti, D. (2018). Determinan penerimaan daerah dan pertumbuhan ekonomi terhadap pengembangan ekonomi kreatif di Provinsi Jambi. Jurnal Paradigma Ekonomika, 13(1), 37 - 45. https://doi.org/10.22437/ paradigma. v13i1.4903
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Eva Latifa
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.