PENGARUH LATIHAN KEGEL TERHADAP INKONTINESIA URINE PADA LANSIA DI PSTW BUDI LUHUR KOTA JAMBI

  • Kamariyah Kamariyah
  • Luri Mekeama
  • Yosi Oktarina
Keywords: Senam Kegel, Inkontinensia Urine

Abstract

Lansia akan mengalami proses penuaan (aging process) mengakibatkan terjadi perubahan fisik maupun mental.Perubahan pada fisik lansia salah satunya adalah sistem perkemihanyang bisa mengalami Inkontinensia urine. Inkontinensia urin merupakan keluarnya urin yang tidak terkendali dalam waktu yang tidak dikehendaki. Inkontinensia urine akan menyebabkan komplikasi seperti infeksi saluran kemih, infeksi kulit daerah kemaluan, gangguan tidur, dekubitus, dan gejala ruam.Penanganan yang dapat dilakukan pada pasien inkontinensia urine salah-satunya melalui latihan Kegel. Latihan kegel adalah latihan untuk menguatkan otot panggul saluran kemih karena senam kegel juga dapat menyembuhkan ketidakmampuan menahan kencing (inkontinensia urine). Tujuan kegiatan ini adalah meningkatkan kesehatan pada lansia melalui pelatihan senam Kegel untuk meningkatkan kemapuan  lansia mengontrol keinginan untuk berkemik, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan dan kualitas kesehatan lansia.

Kegiatan ini dilakukan pada lansia di PSTW  wilayah kerja Puskesmas Pal lima Kota Jambi setelah penandatanganan kontrak kerja. Sasaran kegiatan ini adalah lansia yang menderita Inkontinesia Urine.   

Kegiatan pengabdian ini dapat dilaksanakan berdasarkan persetujuan oleh pihak mitra dengan jumlah peserta 70 orang lansia baik yang mandiri maupun lansia yang mengalami keterbatasan fisik. Berdasarkan hasil kegiatan sejumlah lansia yang aktif mampu mengikuti kegiatan senam kegel sampai kegiatan selesai. Lansia menyatakan akan melakukan kegiatan tersebut sebelum tidur dan sesaat setelah bagun tidur.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-04-01