PENYULUHAN RANGE OF MOTION (ROM) AKTIF DAN PASIF PADA PASIEN STROKE DENGAN IMOBILISASI DI RUANG NEUROLOGI RSUD RADEN MATTAHER JAMBI

Authors

  • Putri Irwanti Sari Universitas Jambi
  • Nurhusna Nurhusna Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Jambi
  • Andika Sulistiawan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Jambi
  • Yosi Oktarina Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Jambi
  • Riska Amalya Nasution Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Jambi
  • Meinarisa Meinarisa Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Jambi
  • RTS Netisa Martawinarti Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Jambi
  • Herwansyah Herwansyah Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Jambi
  • Muhammad Nasril Lukman Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/medicaldedication.v7i1.33752

Keywords:

Education, Stroke, Edukasi, Range Of Motion

Abstract

ABSTRACT
ROM training is a form of exercise in the rehabilitation process which is considered quite effective in preventing disability in stroke sufferers. Active Range of Motion (ROM) aims to maintain or improve the level of perfection in the ability to move joints normally and completely to increase muscle mass and muscle tone. This community service activity is carried out through counseling, discussion and range of motion (ROM) methods. The number of participants who took part in this activity was 10 people consisting of patients and families in the Neurology treatment room at Raden Mattaher Hospital Jambi. This service has been carried out and is going well. It is hoped that patients and families can apply range of motion exercises during treatment and at home to increase muscle strength.
Keywords: Education; Range Of Motion; Stroke

ABSTRAK
Latihan ROM merupakan salah satu bentuk latihan dalam proses rehabilitasi yang dinilai cukup efektif untuk mencegah terjadinya kecacatan pada penderita stroke. Range of Motion (ROM) aktif bertujuan untuk mempertahankan atau memperbaiki tingkat kesempurnaan kemampuan menggerakkan persendian secara normal dan lengkap untuk meningkatkkan massa otot dan tonus otot. Kegiatan pengabdian kepadamasyarakat ini dilakukan melalui metode penyuluhan, diskusi dan demonstrasi range of motion (ROM). Jumlah peserta yang mengikuti kegiatan ini berjumlah 10 orang yang terdiri dari pasien dan keluarga di ruang perawatan Neurologi RSUD Raden Mattaher Jambi.Pengabdian ini telah dilaksanakan dan berlangsung dengan baik. Diharapkan pasien dan keluarga dapat menerapkan latihan rentang gerak selama dirawat maupun di rumah untuk meningkatkan kekuatan ototnya.
Kata kunci: Edukasi, Range Of Motion; Stroke

 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-06-01