UPAYA PEMBENTUKAN CREATIVE DOCTORPRENEUR BAGI GENERASI MILENIAL MELALUI EDUKASI INOVASI HEALTH-PRENEURSHIP BERBASIS DIGITAL DAN INVESTASI

Authors

  • Miftahurrahmah Miftahurrahmah
  • Tia Wida Ekaputri Hz Universitas Jambi
  • Esa Indah Ayudia
  • Budi Justitia

DOI:

https://doi.org/10.22437/medicaldedication.v5i2.21713

Keywords:

doctorpreneur, health-preneurship, the millennial generation, digital-based

Abstract

Latar belakang: Kondisi pandemi Covid-19 membatasi interaksi dokter dan pasien serta berdampak pada kesejahteran masyarakat Indonesia, sehingga saat ini wawasan entrepreneurship sangat dibutuhkan. Terjadi perubahan cara pandang dokter generasi milineal dengan mengusung pentingnya wawasan health-preneurship berbasis digital.

Tujuan: Pembentukan creative doctorpreneur bagi generasi milenial melalui edukasi tentang inovasi health-preneurship berbasis digital dan investasi.

Metode: Acara ini dilangsungkan secara webinar dengan mengundang narasumber di bidang doctorpreneur berbasis digital. Pretest dan posttest serta kuesioner evaluasi kegiatan diberikan kepada peserta webinar. Setelah dilakukan pemaparan oleh narasumber, diberikan kesempatan untuk diskusi kepada peserta. Analisa data digunakan uji Wilcoxon untuk mengetahui peningkatan pengetahuan.

Hasil: Peserta yang berpartisipasi dalam kegiatan ini sebanyak 330 orang yang terdiri dari 102 mahasiswa tahun keempat, 90 mahasiswa tahun ketiga, 61 mahasiswa tahun kedua dan 77 mahasiswa tahun pertama. Terdapat perbedaan yang signifikan nilai pre-test dan post-test mahasiswa (P-value=0,00). Hasil evaluasi kegiatan menunjukkan mayoritas peserta menyatakan kegiatan seminar sangat baik dan baik.

Kesimpulan: Kegiatan webinar ini terbukti dapat meningkatkan pengetahuan mahasiswa tentang creative doctorpreneur bagi generasi milenial.

Kata kunci: doctorpreneur, health-preneurship, generasi milineal, berbasis digital

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-12-06