An Analysis of Lecturers’ Reinforcement at English Education Department State Islamic of University Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

Authors

  • Merlisa Silvinia Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/langue.v3i1.37200

Keywords:

Lecturers’ Reinforcement, An Analysis of Reinforcement, Types of Reinforcements, Reinforcement in ELT Class

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penguatan dosen dalam mengajar bahasa Inggris selama semester pertama di Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kualitatif, khususnya studi kasus. Dua teknik pengumpulan data digunakan: daftar observasi dan wawancara. Lima orang dosen dengan pengalaman lebih dari 8 tahun mengajar di Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi berpartisipasi dalam penelitian ini. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan tiga tahap analisis penting: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian mengungkapkan bahwa dosen menggunakan dua jenis penguatan untuk mengajar di kelas Pengajaran Bahasa Inggris (ELT). Hasilnya menunjukkan bahwa dosen menggunakan penguatan verbal dan non-verbal di kelas Pengajaran Bahasa Inggris (ELT). Untuk penguatan verbal dosen menggunakan kata dan kalimat, sedangkan untuk penguatan nonverbal menggunakan gerak tubuh, kedekatan, dan senyuman. Penguatan diberikan oleh lima dosen dengan empat cara: secara individu, dalam kelompok, melalui kedekatan, dan dengan menggabungkan dua jenis penguatan verbal dan non-verbal selama kelas ELT. Kemudian, bentuk penguatan yang paling sering digunakan oleh dosen adalah berdasarkan kinerja atau kondisi mahasiswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2025-03-21