THE EFFECT OF STUDENTS' LEARNING INDEPENDENCE ON ONLINE LEARNING IN CLASS XI STATE SMA 11 JAMBI CITY
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kemandirian belajar terhadap pembelajaran daring di kelas XI SMA Negeri 11 Kota Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian expost facto. Jumlah sampel pada penelitian ini yaitu75 orang sampel.hasil penelitian untuk data angket kemandirian belajar dengan jumlah sampel 75 orang kemudian didapatkan rata-rata nilai 16,79 dan simpangan baku 3,37. Untuk data angket pembelajaran daring dengan jumlah sampel 75 orang kemudian didapatkan rata-rata nilai 12,57dan simpangan baku 1,58. Persentase variabel kemandirian belajar diperoleh adalah sebesar 1679 dengan besarnya nilai persentase rata-rata yang diperoleh adalah 72.99%.kemandirian belajar di kelas XI SMA Negeri 11 Kota Jambi berada pada kategori yang baik 72.99%.Pembelajaran daring di kelas XI SMA Negeri 11 Kota Jambi berada pada kategori sedang 69,85%.Terdapat pengaruh kemandirian belajar siswa terhadap pembelajaran daringdi kelas XI SMA Negeri 11 Kota Jambi.
Downloads
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Asradi & Sarman, F (2022). Pendampingan Pembuatan Menggunakan Google Sites dalam Membantu Pelayanan Jarak Jauh. Jurnal Connection. Vol 2. No. 1.
Desmita. 2009. Psikologi Perkembangan Peserta Didik : Panduan Bagi Orang Tua dan Guru Dalam Memahami Psikologi Anak Usia SD, SMP, dan SMA. Bandung: Remaja Rosdakarya
Harsul, M. (2020). Aspek Hukum Pembelajaran Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dalam Rangka Penanganan Corona Virus Disease 2019. Jurnal Legislatif. Vol 3, No. 2.
Kusumadewi, R. F, Yustiana, S. & Nasihah, K. (2020). Menumbuhkan Kemandirian Siswa Selama Pembelajaran Daring sebagai Dampak Covid-19 di SD. Jurnal Riset Pendidikan Dasar. Vol. 1, No. 1.
Pritandhari, M. & Wibawa, F.A. (2021). Analisis Pembelajaran Mandiri Berbasis Daring pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Lentera Pendidikan Pusat Penelitian LPPM UM METRO. Vol 6. No. 1
Rahayu, I. F. & Aini, I. N. (2021). Analisis Kemandirian Belajar dalam Pembelajaran Matematika Pada Siswa SMP. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif. Vol. 4. No. 4