PENGARUH PENDEKATAN BELAJAR TERHADAP KELULUSAN OSCE UKMPPD MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN DAN ILMU KESEHATAN UNIVERSITAS JAMBI

  • Amelia Dwi Fitri
  • Nyimas Natasha A Shafira

Abstract

ABSTRACT

Learning strategies or commonly known as learning approaches are the intentions and motivations of individuals and the use of appropriate strategies when dealing with the learning environment. In general, learning strategies can be divided into two categories, namely a deep approach and a surface approach. A deep approach is characterized by a desire to understand the material so as to produce good quality learning outcomes. A student who uses an in-depth approach has the intention to understand learning material and is motivated by an interest in learning material. Conversely, a surface approach is characterized by a desire to achieve minimal results with minimal effort resulting in low quality learning outcomes. The superficial approach is related to various forms of rote learning, with fear of failure as the dominant motivation. Therefore, the learning approach can influence learning outcomes. One of the learning outcomes assessed is the Objective Structured Clinical Examination (OSCE) Student Competency Test for Doctor Professional Programs (UKMPPD). The purpose of this study is to look at the effect of the learning strategies and OSCE UKMPPD graduation period of May 2018 and August 2018 in medical profession students of the Faculty of Medicine and Health Sciences University of Jambi (FKIK UNJA). The research method is descriptive analytic with cross-sectional approach. The population is FKIK  UNJA medical profession students who participated in the OSCE UKMPPD for the period of May 2018 and August 2018 as many as 59 students .The sample is the entire population (total sampling). Student learning approach data obtained by using the questionnaire "Revised Study Process Questionnaire 2 Factors (R-SPQ-F2). UKMPPD OSCE graduation data is the official UKMPPD graduation data issued by the UKMPPD national committee. The test used to see the effect is a regression test, the most learning approach is deep approach 50.85% % and obtained p <0.05, which indicates there is an influence between the learning strategies with OSCE UKMPPD graduation.

Keywords: OSCE, UKMPPD, Medical Student

ABSTRAK

Strategi pembelajaran atau yang biasa dikenal sebagai pendekatan belajar merupakan intensi dan motivasi individu serta penggunaan strategi yang sesuai ketika menghadapi lingkungan pembelajaran. Secara umum, strategi  pembelajaran dapat dibagi menjadi dua kategori yaitu pendekatan mendalam (deep approach) dan pendekatan dangkal (surface approach).Pendekatan mendalam ditandai dengan keinginan untuk memahami materi sehingga menghasilkan kualitas hasil belajar yang baik. Seorang mahasiswa yang menggunakan pendekatan mendalam memiliki niat untuk memahami materi pembelajaran dan dimotivasi oleh ketertarikan pada materi pembelajaran. Sebaliknya, pendekatan dangkal ditandai dengan keinginan untuk mencapai hasil minimal dengan usaha minimal sehingga menghasilkan kualitas hasil belajar yang rendah. Pendekatan dangkal terkait dengan berbagai bentuk pembelajaran hafalan, dengan rasa takut akan kegagalan sebagai motivasi dominan.Oleh karena itu, pendekatan belajar dapat mempengaruhi hasil belajar. Salah satu hasil belajar yang dinilai adalah Objective Structured Clinical Examination (OSCE) Uji Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter (UKMPPD). Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh pendekatan belajar dan kelulusan OSCE UKMPPD periode Mei 2018 dan Agustus 2018 mahasiswa profesi dokter Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Jambi (FKIK UNJA). Metode penelitian adalah deskriptif analitik dengan pendekatan cross-sectional. Populasi adalah mahasiswa profesi dokter FKIK UNJA yang mengikuti OSCE UKMPPD periode Mei 2018 dan Agustus 2018 sebanyak 59  orang. Sampel adalah seluruh populasi (total sampling). Data pendekatan belajar mahasiswa didapatkan dengan menggunakan kuesioner “Revised Study Process Questionnaire 2 Factors (R-SPQ-F2). Data kelulusan OSCE UKMPPD adalah data resmi kelulusan UKMPPD yang dikeluarkan oleh panitia nasional UKMPPD. Uji yang digunakan untuk melihat pengaruh adalah uji regresi, Pendekatan belajar yang terbanyak adalah 50.85% % dan didapatkan p< 0,05, yang menandakan ada pengaruh antara pendekatan belajar dengan kelulusan OSCE UKMPPD.

Kata Kunci :OSCE, UKMPPD, Mahasiswa Kedokteran

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-05-01
How to Cite
Fitri, A. D., & Shafira, N. N. A. (2020). PENGARUH PENDEKATAN BELAJAR TERHADAP KELULUSAN OSCE UKMPPD MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN DAN ILMU KESEHATAN UNIVERSITAS JAMBI. JAMBI MEDICAL JOURNAL "Jurnal Kedokteran Dan Kesehatan&quot;, 8(1), 94-101. https://doi.org/10.22437/jmj.v8i1.9481