KAJIAN CAPAIAN INDIKATOR KAPITASI BERBASIS PEMENUHAN KOMITMEN PELAYANAN (KBK) BPJS DI FKTP KOTA JAMBI

  • Armaidi Darmawan
  • Erny Kusdiyah
  • Rina Nofri Enis
  • Susantara W
  • Eka Realita

Abstract

ABSTRACT

Background: The implementation of capitation payments based on fulfilling service commitments (KBK) is assessed by achieved indicators including contact rate, RRNS and RPPB. Based on data monev Jambi 2019 showed that indicators of KBK BPJS in province Jambi are not reached the target. This research to analyze the factors that affect the achievement of the targets of the BPJS indicators in the Contact rate, RRNS and RPPB in the FKTP in the city of Jambi in 2019.

Method: This study used a quantitative descriptive. This study done in 34  primary health care in Jambi city. The questionnaire filled by head of primary health care and p-care staffs as a respondent.

Result: The result in this study showed the dominant trouble in reaching the indicator contact rate was exorbitant of target was too high 29 (42.6%). The problem of  RRNS indicator was increasing the demand of hospital referral which 48 (70,6%) samples answered. RPPB target was too high 35 (51.5%).

Conclusion: The implementation of Capitation Based on Service Commitment in primary health care in Jambi City had not been done maximally.

Keywords : KBK, FKTP, BPJS

ABSTRAK

Latar Belakang : Pelaksanaan pembayaran kapitasi berbasis pemenuhan komitmen pelayanan (KBK) dinilai berdasarkan pencapaian indikator meliputi Angka Kontak, Rasio Rujukan Rawat Jalan Non Spesialistik (RRNS) dan Rasio Peserta Prolanis Rutin Berkunjung (RPPB). Berdasarkan data yang dilakukan oleh team Monev Provinsi Jambi 2019 indikator KBK BPJS di provinsi Jambi masih belum memenuhi target yang telah ditetapkan. Penelitian ini bertujuan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi belum tercapainya target pemenuhan indikator KBK BPJS pada Angka Kontak, RRNS dan RPPB pada FKTP dikota Jambi tahun 2019.

Metode : Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di 34 Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) kota Jambi. Instrumen penelitian ini menggunakan wawancara dengan panduan kuesioner kepada kepala FKTP serta petugas p-care diFKTP sebagai responden.

Hasil : Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesulitan yang paling dominan dalam memenuhi target indikator Angka Kontak adalah terlalu tingginya target yang ditetapkan 29 (42.6%), kesulitan dalam RRNS adalah meningkatnya permintaan rujukan 48 (70.6%), dan kesulitan RPPB adalah terlalu tinggi target yang ditetapkan 35 (51.5%).

Kesimpulan : pelaksanaan sistem Kapitasi Berbasis Komitmen Pelayanan di FKTP kota Jambi belum terlaksana secara maksimal. Masih ada faktor yang menyebabkan belum tercapainya indikator KBK sehingga membuat FKTP berada di zona tidak aman.

Kata kunci : KBK, FKTP, BPJS

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-05-01
How to Cite
Darmawan, A., Kusdiyah, E., Enis, R. N., W, S., & Realita, E. (2020). KAJIAN CAPAIAN INDIKATOR KAPITASI BERBASIS PEMENUHAN KOMITMEN PELAYANAN (KBK) BPJS DI FKTP KOTA JAMBI. JAMBI MEDICAL JOURNAL "Jurnal Kedokteran Dan Kesehatan", 8(1), 75-84. https://doi.org/10.22437/jmj.v8i1.9479