This is an outdated version published on 2020-01-26. Read the most recent version.

ANALISIS PENERIMAAN PASAR TERHADAP PRODUK MIE SAYUR BERBASIS MOCAF KAYA BETA KAROTEN

ANALYSIS OF MARKET ACCEPTANCE OF VEGETABLE NOODLE PRODUCTS BASED ON MOCAF CONTAINS OF BETA KAROTEN

DOI:

https://doi.org/10.22437/jiseb.v22i1.8074

Keywords:

vegetable noodles, mocaf, Relief algorithm, likert scale

Abstract

Mie sayur berbasis mocaf (Modified Cassava Flour) yang mengandung beta karoten merupakan salah satu produk inovasi hasil penelitian dari tim peneliti Pusat Penelitian Bioteknologi, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Ditinjau dari aspek nutrisi, produk ini memiliki kandungan beta karoten, protein dan zat besi yang sangat bermanfaat bagi kesehatan.  Selain itu, produk ini juga berpotensi mengurangi penggunaan dan ketergantungan terhadap tepung terigu. Untuk mendapatkan gambaran tentang potensi pasar, maka dilakukan penelitian untuk mengetahui penerimaan pasar terhadap produk ini. Penelitian dilaksanakan dengan metode kuantitatif, sedangkan pengambilan data menggunakan metode kuesioner dengan metode analisa data skala likert dan Algoritme Relief. Disimpulkan dari hasil analisa data dengan menggunakan metode skala likert dan algoritma relief, terlihat perbedaan pada hasil analisa : 1) penerimaan responden terhadap tekstur dan rasa mie; 2) harga produk yang diterima responden; 3) faktor yang mempengaruhi responden dalam membeli produk mie. Namun data keduanya menunjukkan bahwa produk mie sayur berbasis mocaf kaya beta karoten dapat diterima dengan baik oleh pasar.

Data hasil Analisa menunjukkan bahwa produk mie sayur berbasis mocaf kaya beta karoten memiliki potensi pasar yang cukup baik, dapat diterima oleh pasar dengan indeks presentase penerimaan tekstur mie sebesar 79,47% dan rasa sebesar 80,52%. Sedangkan untuk harga produk, responden menerima produk dengan kisaran harga Rp. 6.500 hingga Rp. 7.500 per bungkus, dengan indeks persentase penerimaan sebesar 86.31%. Hasil analisa data dengan metode algoritme Relief menunjukkan bahwa penerimaan rasa oleh responden memiliki peringkat sebesar 0.05288. Kemudian dalam atribut harga, responden dapat menerima di kisaran harga Rp. 7.500 hingga Rp. 8.500 per bungkus dengan nilai peringkat 0.10439.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-01-26

Versions

How to Cite

ANALISIS PENERIMAAN PASAR TERHADAP PRODUK MIE SAYUR BERBASIS MOCAF KAYA BETA KAROTEN: ANALYSIS OF MARKET ACCEPTANCE OF VEGETABLE NOODLE PRODUCTS BASED ON MOCAF CONTAINS OF BETA KAROTEN. (2020). Jurnal Ilmiah Sosio-Ekonomika Bisnis, 22(1), 103 - 115. https://doi.org/10.22437/jiseb.v22i1.8074