This is an outdated version published on 2018-05-22. Read the most recent version.

STRATEGI PENGEMBANGAN AGROINDUSTRI DODOL KENTANG LUBUK NAGODANG DI KABUPATEN KERINCI

DOI:

https://doi.org/10.22437/jiseb.v21i1.5097

Abstract

Penelitian ini ditujukan untuk : 1) mengetahui besar biaya, penerimaan dan keuntungan usaha dari agroindustri dodol kentang Lubuk Nagodang di Kabupaten Kerinci, 2) mengetahui kondisi dan menentukan posisi agroindustri dodol kentang Lubuk Nagodang di Kabupaten Kerinci, 3) memformulasikan alternatif strategi yang dapat diterapkan oleh agroindustri dodol kentang Lubuk Nagodang di Kabupaten Kerinci. Penelitian ini dilaksanakan pada Tanggal 14-31 Juli 2016. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan menggunakan analisis usaha dan analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) biaya total agroindustri dodol kentang Lubuk Nagodang adalah sebesar Rp .2.238.615 dan penerimaan sebesar Rp. 5.864.000, sehingga keuntungan yang diperoleh pengrajin dodol kentang Lubuk Nagodang sebesar Rp. 3.625.385 per proses produksi, 2) identifikasi lingkungan agroindustri menunjukkan posisi agroindustri dodol kentang Lubuk Nagodang di Kabupaten Kerinci berada pada kuadran I dengan titik kuadran (0,08;0,14) mendukung kebijakan pertumbuhan agrresive, 3) alternatif strategi yang dapat diterapkan untuk memajukan agroindustri dodol kentang Lubuk Nagodang yaitu : a) bekerjasama dengan pemerintah dalam pengembangan agroindustri dodol kentang, b) meningkatkan kualitas, kuantitas dan memperluas pangsa pasar produksi dodol kentang Lubuk Nagodang melalui peningkatan kemampuan teknis tenaga kerja dan kerja sama dengan pemasok bahan baku kentang, c) memodifikasi kemasan untuk dapat meningkatkan daya tarik produk.

Kata Kunci : Strategi Pengembangan , Dodol Kentang, Analisis Usaha, Analisis SWOT

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-05-22

Versions

How to Cite

STRATEGI PENGEMBANGAN AGROINDUSTRI DODOL KENTANG LUBUK NAGODANG DI KABUPATEN KERINCI. (2018). Jurnal Ilmiah Sosio-Ekonomika Bisnis, 21(1), 8. https://doi.org/10.22437/jiseb.v21i1.5097