STRATEGI PEMBINAAN KOMPETENSI PEDAGOGIK DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALITAS GURU DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 10 JOMBANG

Authors

  • Ilham Kharisma Putra Universitas KH. A. Wahab Hasbullah Jombang Jawa Timur Indonesia
  • M. Aliyul Wafa Universitas KH. A. Wahab Hasbullah Jombang, Jawa Timur, Indonesia
  • Rina Dian Rahmawati Universitas KH. A. Wahab Hasbullah Jombang, Jawa Timur, Indonesia

Keywords:

Strategi Pembinaan, Kompetensi Pedagogik, Profesionalitas Guru

Abstract

Kepala madrasah diharapkan mampu meningkatkan produktivitas madrasah, serta melakukan pembinaan kompetensi pedagogik dalam meningkatkan profesionalitas guru. Hal ini akan mendukung pelaksanaan tanggung jawab yang lebih berkualitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan strategi pembinaan kompetensi pedagogik guru beserta faktor-faktor yang mempengaruhinya di Madrasah Aliyah Negeri 10 Jombang. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Pengambilan sampel menggunakan teknik Proposive Sampling. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Teknik analisis data berupa reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan strategi pembinaan kompetensi pedagogik guru meliputi pemberian dukungan, arahan dan motivasi guru dalam melaksanakan proses pembelajaran; mengikutsertakan MGMP, pelatihan/workshop dan seminar/webinar; mewajibkan studi lanjutan guru; menyelenggarakan diskusi internal/eksternal guru. Faktor pendukung meliputi program pembinaan madrasah, produktivitas usia guru, dukungan administrasi dan sumber daya memadai. Faktor penghambat meliputi kurang kecakapan teknologi, heterogenitas siswa, kenyamanan metode pembelajaran dan keterbatasan waktu guru.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-01-26

Issue

Section

Articles