STRATEGI PEMBINAAN KOMPETENSI PEDAGOGIK DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALITAS GURU DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 10 JOMBANG
Keywords:
Strategi Pembinaan, Kompetensi Pedagogik, Profesionalitas GuruAbstract
Kepala madrasah diharapkan mampu meningkatkan produktivitas madrasah, serta melakukan pembinaan kompetensi pedagogik dalam meningkatkan profesionalitas guru. Hal ini akan mendukung pelaksanaan tanggung jawab yang lebih berkualitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan strategi pembinaan kompetensi pedagogik guru beserta faktor-faktor yang mempengaruhinya di Madrasah Aliyah Negeri 10 Jombang. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Pengambilan sampel menggunakan teknik Proposive Sampling. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Teknik analisis data berupa reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan strategi pembinaan kompetensi pedagogik guru meliputi pemberian dukungan, arahan dan motivasi guru dalam melaksanakan proses pembelajaran; mengikutsertakan MGMP, pelatihan/workshop dan seminar/webinar; mewajibkan studi lanjutan guru; menyelenggarakan diskusi internal/eksternal guru. Faktor pendukung meliputi program pembinaan madrasah, produktivitas usia guru, dukungan administrasi dan sumber daya memadai. Faktor penghambat meliputi kurang kecakapan teknologi, heterogenitas siswa, kenyamanan metode pembelajaran dan keterbatasan waktu guru.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ilham Kharisma Putra

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Kompetensi Guru Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Copyright Notice:
1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (The Effect of Open Access)